Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Sosialisasi ke Sekolah

SOSIALISASI: KPU Lahat saat melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di SMAN ! Merapi Barat, Minggu (3/6). Foto: Agustriawan/Sumatera Ekspres

LAHAT – Guna meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Lahat dan pemilih pemula, KPU Lahat melakukan kegiatan sosialisasi ke siswa SMA. Salah satunya di SMAN 1 Merapi Barat, Minggu (3/6).

Ketua KPU Lahat Samsurizal Nusir menyampaikan, giat ini bertajuk KPU “Goes To School”. Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menyebarluaskan informasi mengenai Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lahat Tahun 2018.

Kemudian meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan. Utamanya para pemilih pemula di kalangan pemuda, pelajar dan pramuka. Meningkatkan partisipasi pemilih dalam setiap pemilihan baik pilkada serentak Tahun 2018 maupun Pemilu (Legislatif dan Pilpres Tahun 2019).

“Harapannya melalui sosialisasi ini meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada dan Pileg,” ucapnya.

Lalu meningkatkan tumbuhnya kesadaran individu maupun kelompok untuk menyampaikan tentang arti pentingnya pilkada dan pemilu kepada keluarga, kelompok masyarakat, lingkungannya dan masyarakat luas.

“Adapun peserta sosialisasi ditargetkan sebanyak 1050 pemuda, pelajar, dan pramuka yang terdiri dari Pelajar sekolah menengah umum negeri/swasta, pelajar sekolah menengah kejuruan negeri/swasta, pelajar sekolah menengah kejuruan keagamaan negeri/swasta, dan pramuka,” terangnya.

Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan dibeberapa tempat yang terkonsentrasi di SMA negeri/swasta, SMK Negeri/Swasta, SMA Keagamaan Negeri/swasta dalam Kabupaten Lahat.

Materi sosialisasi dan kegiatan pendukung materi sosialisasi berupa pemahaman dan pengetahuan tentang pilkada/pemilu. Simulasi tata cara pemungu tan suara di TPS , dan acara keagamaan berupa buka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah. (Gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!