Tingkatkan Pendidikan, Majukan Budaya

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan dengan berproses. Dari pendidikan ini lah nanti yang akan menjadi pionir sebuh peradaban. Jika sistem pendidikan yang diterapkan disuatu masyarakat bagus maka peradaban yang tercipta juga akan bagus, namun begitu juga sebaliknya.
Berbicara tentang pendidikan tidak bisa dipisahkan dari berbagai pihak yang terlibat dalam mengemban peran masing-masing demi terwujudnya sistem pendidikan yang maksimal. Kita sadari ataupun tidak, peran berbagai pihak mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, pemerintah baik lokal maipun nasional akan besar sekali pengaruhnya terhadap jalannya sistem pendidikan yang diterapkan. Pendidikan yang baik tentunya akan sangat terdorong jika semua pihak tersebut menjalankan fungsinya secara kompleks sesuai ranah masing-masing. Jika semua itu bisa terealisasi maka akan tercipalah masyarakat yang terdidik dan berbudaya.
Serperti kita ketahui bahwa budaya sendiri merupakan hasil pikiran dan akal budi manusia yang menjadi kebiasaan masyarakat. Maka dari itu sangat besar sekali pengaruh pendidikan terhadap budaya yang akan tercipta pada lingkungan masyarakat. Dengan kata lain semakin baik karakter pendidikan yang mampu diserap oleh masyarakat, maka akan semakin baik pula nilai budaya yang terlahir pada masyarakat tersebut. Sedangkan jika penyerapan karakter hasil dari pendidikan rendah maka besar kemungkinan nilai budaya yang tercipta juga akan rendah.
Akhir-akhir ini peran pendidikan di Indonesia secara intelektual mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini sangat terbantukan dengan semakin majunya teknologi yang sangat mendukung proses pendidikan di indonesia. Begitupun dengan peran pemerintah yang sangat kuat dalam menggalakkan pendidikan dari berbagai sektor. Secara logika sudah selayaknya negeri ini mengalami kemajuan karakter dan budaya pada masyarakatnya karena ilmu pengetahuan bisa didapatkan dengan sangat mudah. Namun kenyataan yang kita temui belakangan ini ada aspek yang sepertinya tidak sesuai dengan harapan. Ada hal yang mulai hilang dari generasi muda Indonesia saat ini yaitu karakter yang menjadi jati diri kita sebagai anak pertiwi. Belakangan ini banyak generasi muda yang jauh lebih mencintai budaya luar dan mengenyampingkan budaya Indonesia, lebih mencintai produk luar dari pada produk Indonesia, serta lebih bangga dengan karya bangsa lain dibanding karya anak pertiwi, dan yang paling mengerikan jika sampai pada titik meninggalkan karakter sendiri pada kepribadian lalu ikut-ikutan gaya hidup bangsa lain.
Seperti kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan warganya yang memiliki karakter mulia yaitu terkenal sebagai warga negara yang ramah dan murah senyum serta sebuah negara maritim yang sangat kaya akan adat-istiadat dan budaya, namun pemengingat mulai hilangnya rasa bangga terhadap karakter dan budaya bangsa sendiri pada generasi muda di Indonesia saat ini jika itu semua dibiarkan terus-menerus maka sangat merugikan bangsa Indonesia karena lambat laun karakter dan budaya yang kita banggakan selama ini akan hilang. begitupun dengan pendidikan, Kemampuan generasi bangsa menyerap pendidikan masa sekarang akan menjadi penentu nasib peradaban bangsa ini di masa yang akan datang.
Mengingat sistem pendidikan di Indonesia saat ini yang tentunya akan besar dampaknya terhadap budaya bangsa, maka merupakan suatu langkah yang tepat dengan pengambilan lima isu strategi pendidikan dan kebudayaan yang dijadikan pokok bahasan pada RNPK tahun 2018 yaitu, yang pertama, ketersediaan peningkatan profesionalisme dan perlindungan serta penghargaan guru. Mengingat pendidikan tidak bisa terlepas dari peran seorang guru maka memang sudah menjadi hukum alam bahwa keprofesionalan guru sangat besar pengaruhnya terhadap hasil didikannya. Begitupun dengan penghargaan terhadap profesi guru sangat berimbas terhadap tingkat kinerja guru itu sendiri. Kalau dipikir secara logika memang benar jika seseorang kekurangan materi maka sulit baginya untuk fokus pada profesinya, tapi dengan adanya pengahargaan pemerintah terhadap hal ini sangat membantu fokusnya guru pada tanggungjawabnya dalam mendidik generasi bangsa.
kedua, pembiayaan pendidikan dan kebudayaan oleh pemerintah daerah. Langkah ini sangat tepat mengingat dengan adanya penggalakkan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan dengan cara memberikan pendanaan terkait hal-hal yang dapat memajukan pendidikan dan kebudayaan daerahnya maka akan menumbuhkan kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat terkait. Serta dengan adanya anggaran dana yang dialokasikan untuk pemajuan pendidikan dan kebudayaan akan semakin memperkuat masyarakat untuk memajukan budaya serta mampu meningkatkan minat masyarakat untuk menguatkan pendidikan menjadi semakin berkualitas.
ketiga, kebijakan revitalisasi pendidikan vokasi dan pembangunan ekonomi nasional. Tindakan pemerintah dengan menggalakkan revitalisasi pendidikan vokasi merupakan langkah yang sengat tepat dalam memajukan pembangunan ekonomi nasional. Pendidikan vokasi sangat mengefektifkan pendidikan karena langsung fokus pada bidang yang akan diampuh oleh pesrta didik sehingga mampu mencetak generasi bangsa yang kompeten di bidangnya masing-masing.
keempat, membangun pendidikan dan kebudayaan dari pinggiran, langkah ini dimaksudkan agar terciptanya pemerataan pembangunan lanskap pada semua golongan masyarakat. Dengan langkah ini diharapkan semua masyarakat bisa ambil peran dalam penggalakkan pendidikan dan memajukan budaya bangsa yang merupakan hak semua warga Indonesia.
Kelima, penguatan pendidikan karakter: sekolah sebagai model lingkungan kebudayaan. Poin ini sangat membantu tumbuh kembangnya pendidikan dan kebudayaan bangsa, mengingat pendidikan karakter merupakan tanggung jawab terbesar generasi saat ini, dan sekolah sendiri merupakan wahana yang sangat efektif dalam membiasakan budaya yang baik untuk ditumbuh kembangkan pada siswa yang nantinya akan melebarkan sayap ke dunia luar dengan membawa budaya yang berkarakter tersebut sehingga nantinya dapat mewarnai seluruh masarakat dengan budaya yang bernilai tinggi tersebut tersebut.
Langkah pemerintah Indonesia dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan bangsa sanagatlah baik. Itu semua tentunya butuh proses dan kerja sama dari seluruh warga Indonesia agar memaksimalkan peran serta mengemban amanah sesuai bidang masing-masing. Mari bersama kita ambil peran dalam meningkatkan pendidikan dari lingkungan terdekat kita masing-masing. Kita tumbuhkan cinta pada pendidikan serta bersama memupuk kembali rasa bangga terhadap budaya., dan bersama kita berkarya untuk budaya Indonesia. Jika semua komponen masyarakat Indonesia telah menlajankan peran masing-masing dalam menguatkan pendidikan dan memajukan budaya bangsa, Insya Allah Indonesia akan menjadi negara yang hebat dalam berbagai aspek kehidupan. (*)

Baca Juga :  Harta Milik Tuhan

Mardalena, S.Pd.
Guru SMP IT Harapan Mulia

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!