Tingkatkan Produktivitas IRT

CSR: Program CSR PN dengan memberikan pelatihan pembuatan bakso kepada IRT, Selasa (15/5). Foto: Hatta/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- PT PLN Pembangkitan Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan berupa pelatihan kepada ibu rumah tangga (IRT) Jl Demang Lebar Daun, RT 27 RW 29, Kelurahan 20 Ilir ,Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Selasa (15/5). Tujuannya, untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas para IRT tersebut.
“Kegiatan ini merupakan CSR program peduli lingkungan dengan membantu masyarakat sekitar dalam pembuatan bakso,” kata GM PT PLN Pembangkitan Sumsel, R Bambang Anggono didampingi Ferry Bawan, manager SDM dan umum, usai kegiatan.
Dikatakannya, kegiatan ini dalam rangka visi misi PLN yang peduli terhadap lingkungan. Bukan peduli lingkungan tentang bumi, tapi peduli lingkungan terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar PLN, seperti saat ini. Tahun ini, pihaknya memberikan bantuan modal usaha dalam pembuatan bakso untuk ibu rumah tangga. “Kami memberikan uang untuk membina dan memberikan peralatan serta modal dalam pembuatan bakso senilai Rp30 juta,” ungkapnya.
Sebanyak 25 IRT mengikuti pembinaan ini. Diharapkan ke depannya, mereka bisa mengembangkan ini menjadi usaha. “Bisa berkembang kelompok usaha mandiri, kita akan bantu mempromosikan melalui bazar yang kita buat, sehingga usaha kelompok ibu RT 27 ini menjadi usaha kelompok mandiri yang diharapkan,” ungkapnya.
Meski sudah diberi binaan dan uang modal, PLN tidak langsung lepas tangan. Pihaknya tetap akan memantau usaha ini 1-6 tahun ke depan. Sebelum pembinaan pembuatan bakso, pihak PLN Pembangkitan Sumsel juga pernah ada pembinaan pembuatan songket. “Semoga kegiatan ini bisa membantu para IRT lebih produktif dan membantu keuangan keluarga,” katanya.
Terpisah, Lurah 20 Ilir Masnun S yang didampingi Ketua RT 27 Nur Halim berharap, kegiatan ini dapat membantu IRT untuk menjadi pengusaha. Selain itu bisa membantu meningkatkan diri dan melatih diri. “Bisa juga menambah income kepada keluarga usai pelatihan membuat bakso ini,” katanya. (wly/lia/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!