Tips Tetap Bugar saat Puasa

Foto: net

JAKARTA- Hanya dalam hitungan hari, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Puasa erat kaitannya dengan asupan gizi dan sistem metabolisme tubuh. Bukan hanya menahan diri dari makanan dan minuman selama 14 jam dari imsak hingga Magrib, tapi juga memurnikan jiwa dengan menahan hawa nafsu dan melatih diri disiplin.

Mendekati momen puasa, mulai saat ini cobalah melatih diri dengan berbagai cara agar saat berpuasa di tahap awal tidak merasa lemas. Kebiasaan makan dan minum yang melimpah selama satu tahun harus ditahan selama satu bulan.

“Asupan makan selama puasa jangan balas dendam. Sama saja seperti puasa, maka kalau berat badan saat puasa turun itu wajar. Yang aneh justru gemuk saat puasa, jangan-jangan balas dendam,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Sentra Medika Cisalak, dr. Deni Kriscahoyo. Sp.PD. FINASIM, dalam seminar ‘Tetap Bugar Selama Puasa’, Selasa (9/5).

Maka Deni menganjurkan selama puasa agar mengatur porsi makan yang sesuai. Di antaranya, 50 persen saat berbuka, 40 persen saat sahur, dan 10 persen usai tarawih. Ada pula beberapa tips agar lebih bugar untuk menghadapi bulan puasa.

Pemanasan

Pemanasan puasa bisa dilakukan sebelumnya. Seperti puasa senin kamis atau puasa sunnah sya’ban.

Niat

Kuatkan niat bahwa tahun ini bisa berpuasa. Konsultasikan kepada dokter jika memiliki penyakit tertentu. Kemudian wajib menunaikan ibadah sahur.

Jangan Tunda Berbuka

Ketika sudah mendengar azan Magrib, Segera berbuka saat Magrib.

Makan Gizi Seimbang

Tetap berpedoman pada Piring Makanku yakni dengan tetap menggabungkan gizi seimbang. Tak ada orang berpuasa menyebabkan kekurangan gizi.

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Ingat porsi aturan makan saat berbuka, sahur dan usai tarawih. Jangan balas dendam saat berbuka.

Minum Cukup

Saat berpuasa harus minum 8 gelas. Begitu juga lansia 8-10 gelas. Diatur saat sahur, berbuka, dan usai tarawih.

Tetap Berolahraga

Wajib berolahraga dan beraktivitas saat puasa. Olahraga yang dipilih bisa olahraga low impact seperti berjalan kaki. (ika/JPC)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!