Top… Halaman Kompleks Ditanami Pohon Merawan

Astri Pujianto (kanan) melakukan penanaman Pohon Merawan. foto: dian cahyani sumeks.co.id

PRABUMULIH – Ada pemandangan berbeda di halaman Kompleks Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Jumat (14/9). Di beberapa titik halaman, ditanami ratusan pohon Merawan yang keberadaannya sudah hampir punah.

Astri Pujianto, General Manager PT Pertamina EP Asset 2 mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2018. Dalam kegiatan itu pula, PT Pertamina EP Asset 2 juga mengumumkan akan menetapkan wilayah Komperta sebagai Area Konservasi Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dengan menanam 400 pohon merawan sebagai bagian pelaksanaan program keanekaragaman hayati.

Betapa tidak, pohon merawan merupakan tumbuhan asli Sumatera dan Kalimantan yang keberadaannya sudah tak banyak dan terancam punah. Selain itu, Lembaga Perlindungan Alam Sedunia atau International Union for Conservation of Nature and Natural Resources memasukan Merawan ke dalam daftar merah species terancam (IUCN-redlist).

Di Prabumulih sendiri kayu merawan digunakan sebagai bahan rumah panggung pada rumah tradisional. “Saat ini tidak banyak kita temui masyarakat membangun dengan kayu merawan yang langka ini. Di masa yang akan datang, tumbuhan penghasil kayu merawan ini akan bernilai penting dalam Arkeologi tradisional di Prabumulih,” kata Astri. (chy)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!