Top… Warga Binaan di Lapas ini Bisa Berkarya

Miniatur kapal yang dibuat Koplak. foto: yudi afriandi sumeks.co.id

SEKAYU – Luar biasa program pembinaan dan bimbingan kerja warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sekayu. Warga binaan pun, memiliki kemampuan dan keahlian membuat berbagai kerajinan.

Seperti yang dilakukan warga binaan Prayitno bersama empat temannya, begitu sibuk bekerja dan memotong batang kayu. Mereka bahu membahu dan membagi tugas membuat podium berbahan kayu dengan motif batok tempurung kelapa.

Berbagai potongan kayu dikumpulkan dan dijemur beberapa hari. “Baru potongan kayu dibentuk menjadi podium setinggi 1,20 meter dan lebar 40 cm,” kata Prayitno, yang tinggal menjalani hukuman penjara empat bulan lagi.

Setelah podium terbentuk, barulah dilakukan pengecatan dan penjemuran. Setelah itu, dilakukan pemasangan motif dari tempurung kelapa yang telah dibentuk. “Pengerjaan podium ini hanya butuh waktu 20 hari saja,” kata Prayitno.

Diakui Prayitno, dirinya telah memiliki kemampuan membuat podium. Pasalnya, dia berprofesi sebagai tukang kayu dan haruslah menjalani hukuman lantaran aksi kriminal yang dilakoninya. “Kita telah bikin lima podium seperti ini,” ungkapnya.

Berbeda yang ditunjukkan, warga binaan bernama Koplak. Pria yang menjalani hukuman dalam kasus pencurian ini memiliki kemampuan membuat miniatur kapal dan mobil. Bemrodalkan batang kayu limbah dan triplek, miniatur  kapal dan mobil dibuat. (yud)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!