Trofi dari Jepang Modal Hadapi Piala AFF dan Piala Asia

MENANG: Timnas Indonesia U-16 menjadi yang terbaik di turnamen Jenesys usai di final kalahkan Vietnam U-16 dengan skor tipis 1-0 di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1 Senin (12/3). Foto: PSSI for Sumeks

JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 juara pada turnamen di Jepang. Mereka menjadi yang terbaik di turnamen Jenesys usai di final kalahkan Vietnam U-16 dengan skor tipis 1-0 di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1 Senin (12/3). Ini hasil sempurna anak asuh Fachri Husaini karena keluar sebagai juara tanpa menelan kekalahan sejak penyisihan grup.

Perjalanan timnas asuhan Fakhri Husaini di turnamen Jenesys diawali dengan menghajar Filipina 7-1 dan Kamboja 5-0 di penyisihan grup. Setelah lolos semifinal, mereka menekuk tuan rumah Jepang 1-0. Sementara di final, Sutan Zico dkk menekuk Vietnam 1-0 melalui penalti Rendy Juliansyah menit ke-64. Kesuksesan ini terasa lengkap
setelah David Maulana sebagai pemain terbaik di turnamen ini.

Trofi dari Jepang ini koleksi kedua Timnas Indonesia U-16 tahun ini. Sebelumnya mereka angkat trofi di turnamen Tien Phong Vietnam.Capaian ini secara otomatis menjadi modal berharga Timnas Indonesia U-16 yang akan hadapi Piala AFF U-15 Agustus nanti. Di ajang ini Indonesia yang berstatus tuan rumah tergabung di grup A bersama Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Kemudian pada 20 September-7 Oktober akan terjun di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket ke putaran final setelah kuasai kualifikasi Grup G di Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fachri Husaini mengaku bangga dengan capaian anak asuhnya. Menurutnya, apa yang dihasilkan Sutan Zico dkk ini merupakan buah dari usaha dan kerja keras timnya. “Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani,” terang Fakhri sebagaimana dilansir situs resmi PSSI.

Meski kerja keras pemain sukses gondol dua trofi di awal 2018 ini, Coach Fakhri tetap akan menggelar evaluasi. Ini sebagai upaya menjaga tim agar tetap menjanjikan hingga Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16. “Target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos minimal semifinal Piala Asia U16,” tegas Fakhri.

Daftar Pemain Timnas U-16 di Turnamen Jenesys

Kiper:
1. Ahludz Dzikri Fikri
2. Ernando Ari Sutaryadi

Belakang:
3. Ahmad Rusadi
4. Fadillah Nur Rahman
5. Muhammad Reza Fauzan
6. Amiruddin Bagas Kaffa
7. Muhammad Salman Alfarid
8. Mochamad Yudha Febrian

Tengah:
9. David Maulana
10. Komang Teguh Trisnanda
11. Brylian Aldama
12. Rendy Juliansyah
13. Hamsa Lestaluhu
14. Mochammad Supriadi
15. Andre Oktaviansyah
16. Yadi Mulyadi

Depan:
17. Sutan Zico

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!