Uji Coba Konektivitas Kendaraan, Bandara-Jakabaring Bebas Parkir

PALEMBANG – Selama pelaksanaan Asian Games 2018, Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan jalan-jalan protokol dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai Jakabaring bebas macet. Untuk memastikan kelancaran lalu lintas kendaraan, maka sepanjang rute jalan itu harus bebas parkir.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional Dishub Kota Palembang, Martha Edison mengatakan, aturan ini mulai berlaku hari ini (12/7). “Sebagai solusinya bagi yang ingin parkir pinggir jalan, kita siapkan beberapa kantong parkir dan penitipan mobil,” terangnya, kemarin.

Dia merinci, untuk kantong parkir, titik lokasinya berada di bawah Jembatan Ampera, Masjid Agung, Internasional Plaza (IP), Cineplex, Kol Atmo, Masjid Lama. “Sesuai dengan ketentuan ini,” ujarnya. Supaya aturan baru ini bisa terlaksana dengan baik, pihaknya akan melakuan sosialisasi kepada para juru parkir (jukir). “Jukir kita alihkan. Kita harap mereka nanti bisa jaga di titik-titik kantong parkir tadi,” imbuhnya.

Terkait pengaturan tertib lalu lintas, pihaknya juga akan melakukan uji coba konektivitas kendaraan di 5 stasiun light rapid transit (LRT), yakni Stasiun Palembang Icon Mall, Jembatan Ampera, Jakabaring, OPI Mall, dan Asrama Haji. “Masyarakat yang punya kendaraan pribadi dan ingin pakai moda transportasi LRT, kami siapkan 50 bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengangkut warga sampai ke titik terdekat stasiun LRT,” paparnya.

Disiapkan lokasi penitipan mobil, yaitu Terminal Alang-Alang Lebar, Karya Jaya, halaman DPRD Provinsi, Kantor Bulog simpang BLK, Cineplex, Stasiun Kertapati, dan pusat penitipan mobil di Dekranasda. Jadi, selama aturan berlaku, sepanjang jalan Bandara- Jakabaring tidak ada kendaraan yang parkir.

Tak hanya kendaraan pribadi, untuk mobil angkutan barang yang akan melintas di dalam kota, hanya diperbolehkan pukul 21.00 WIB-06.00 WIB, dan jalan lintas kota dari pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. “Kami pastikan jalan protokol tidak boleh dilintasi truk bermuatan siang hari selama Asian Games 2018,” ringkasnya. (cj10/fad/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!