UN? Siapa Takut!

Nggak terasa ya, yang udah enam, sembilan bahkan dua belas tahun menempuh pendidikan sebentar lagi tiba di penghujung tahun ajarannya. Well, Ujian Akhir berskala nasional ini selalu menjadi momok yang ditakuti para pelajar lho gaes! Padahal kalian nggak perlu takut bin cemas menghadapinya, karena persiapan mental dan ilmu sejak dini cukup membantu untuk meredam perasaan tersebut, sehingga akan terasa ringan menghadapinya.
“Masa iya, sekolah 12 tahun ditentukan dengan 4 hari?” Hayo ngaku siapa yang sering bergumam seperti itu akhir-akhir ini! Yak, menghitung hari dari H-sekian UN itu merupakan satu hal yang buruk. Faktanya, sebanyak 63 persen generasi Z sumsel menganggap Ujian Nasional merupakan hal yang tidak perlu dilakukan, bahkan ada juga nih yang berdoa siang malam untuk segera dihapuskan.
Banyak cerita dilantunkan siswa dengan semester akhir gaes, salah satunya Ari Afrizan, salah satu siswa kelas 12 di Palembang yang mengatakan bahwa menjelang UN ini malah buat sedikit tertekan, “Agak depresi sih, lebih parah dari ditinggal mantan, karena bentar lagi mau UN disekolah ku ngadain belajar tambahan, ya mau gimana lagi, pulang udah sore malah nambah sore.” Cerita Ari.
Eits, walaupun begitu, masih ada juga lho sebagian generasi Z yang menganggap bahwa UN merupakan ujian yang harus punya persiapan matang (28%). Mereka yang menyambut antusias hal ini boleh diancungi jempol, pasalnya mereka berjuang siang dan malam untuk mempersiapkan diri.
“Aku udah mulai persiapan UN ini dari masuk semester 1 kelas 12, baik belajar tambahan ditempat bimbel bahkan beli dua buku latihan soal UN yang sekarang udah abis,” Ujar Jihan generasi Z asal SMAN 1 Palembang, Jihan juga berpendapat bahwa UN merupakan ujian yang harus diperhitungkan karena nilai akhir yang bagus dari ujian tersebut merupakan pintu untuk masuk sekolah kedinasan.
Nggak ada hasil yang menghianati usaha kok, bahkan dibalik hal besar pasti ada hikmah yang mendalam, kok baper ya, Hehe. Yups, menurut Yeni, guru BK SMAN 12 Palembang mengatakan, bahwa UN merupakan pintu gerbang siswa untuk menaklukan sebuah tantangan, pasalnya banyak hal yang akan ditemukan selain Ujian Nasional yang menyeramkan ini.
“Pemerintah melakukan kebijakan pasti mempunyai hikmah dan tujuan, meninjau pendidikan di Indonesia masih sedikit tertinggal dari negara maju, Indonesia harus tetap mampu melahirkan kader-kader bangsa yang unggul, cerdas dan mandiri” Jelas Yeni.
Nah, seharusnya generasi Z jangan terlalu takut dan cemas menghadapi salah satu ujian hidup tersebut, hehe. Sebenarnya untuk menghadapi aneka ujian, generasi Z hanya harus memahami 3 istilah penting, yakni “Belajar-Berdoa-Berhasil”, belajar dan berdoa merupakan anak kunci, sedangkan yang menjadi gembok-nya adalah ‘sukses’. That’s why, generasi Z harus mulai melakukan persiapan sejak dini, perbanyak latian soal ternyata juga cukup membantu lho guys. Eits selain itu, jangan lupa berdoa ya! karena tanpa berkat-Nya, kita bukanlah apa-apa. (dab)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!