Venue Belum Beres, INASGOC Tetap Optimistis

BRIEFING World Press Briefing terkait Asian Games di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada 1-4 April 2018. Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Ternyata masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemerintah Indonesia agar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang berjalan lancar pada 18 Agustus-2 September nanti. Ini karena masih banyak venue yang belum selesai 100 persen. Tidak hanya di Palembang tapi juga di Jakarta dan sekitarnya masih dalam proses pengerjaan. Situasi ini terkuak di World Press Briefing di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada 1-4 April 2018.

Vice Director Venue and Environment INASGOC Natsir Gunansyah menjelaskan, di Palembang sedikitnya masih menyisakan tujuh venue yang belum selesai 100 persen. Di
antaranya, venue menembak yang masih sisakan perapihan landscape. Venue yang sama yang masih dalam tahap finishing di landscape adalah boling, dan rowing.

“Sementara voli pantai masih tahap pembangunan tribun VIP secara permanen. Kemudian roller sport masih menunggu peralatan. Demikian juga dengan panjat tebing menunggu peralatan setelah pondasi disiapkan. Semua harus selesai akhir Juni,” terang Natsir.

“Selain venue, Palembang juga sedang menyelesaikan pembangunan dining hall baru karena dining hall yang sudah ada gak cukup dan penggantian furniture untuk athlete
village,” tambahnya.

Lanjut Natsir, di Jakarta yang dibagi dua cluster juga masih sisakan pekerjaan rumah. Untuk cluster pertama yang areanya di Kompleks Gelora Bung Karno ada pembangunan venue untuk cabor squash. Venue ini nanti akan dibangunkan dua jenis. Pertama, venue permanen dengan empat lapangan yang dibangun Kemenpupera. Kemudian kedua, venue sementara yang dibangun panpel Asian Games atau INASGOC. Untuk yang sementara, selesai kegiatan langsung dibongkar. Kemudian cluster dua di Jakarta, meliputi venue di Ibu Kota tapi di luar Kompleks Gelora Bung Karno. Misal velodrome di Rawamangun, venue untuk jetski di Ancol dan layar. Kemudian handball yang baru 30 persen pengerjaannya.

Baca Juga :  Top... Dua Universitas ini Wakili Sumsel Siaran Asian Games

“Pembangunannya memang telat. Baru awal tahun ini jadi baru berjalan sekitar 11 pekan. Tapi bagian yang krusial sudah dilewati, yaitu pembangunan pondasi di tengah air. Progresnya baru 10 sampai 15 persen. Kemudian di Jawa Barat masih under construction ada empat venue. Kami rencanakan semua akhir Juni selesai,” terangnya.

“Rencananya kami harapkan venue selesai maksimal sebulan sebelum Asian Games mulai.
Ini agar kami bisa melakukan overlay untuk melengkapi venue dan mengevaluasi kekurangan agar venue sesuai standard. Tapi prinsipnya kita yakin semua selesai dan siap menyelenggarakan Asian Games 2018,” ujar Sekjen INASGOC Eris Herryanto.

Dalam world press briefing yang dihadiri 200 wartawan termasuk 100 media asing dari berbagai belahan dunia, baik negara peserta Asian Games, maupun media asing mewakili kantor berita internasional. Dalam kegiatan yang dihadiri Vinod Tiwari, Direktur International & NOC’s Relations OCA dan Tony Mariadas, Media Committee OCA di hari pertama, diisi paparan kesiapan bidang-bidang penting di Asian Games, seperti media,
sports, venue, transportasi, broadcast, dan akomodasi. Welcome Gala Dinner yang akan
dihadiri Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Thohir akan berlangsung, Senin malam.

Sementara kunjungan ke beberapa venue, seperti Athletes Village, Velodrome Rawamangun, dan Equestrian Park Pulomas, serta Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan akan digelar di hari kedua, Selasa (3/4).

Baca Juga :  Ingin Nyaman, INASGOC Minta Dikawal Kejaksaaan

“Kegiatan mengundang dan presentasi di depan media sering digelar INASGOC. Tahun lalu, kami menggelar World Broadcast Meeting dan Asian Games Media & Journalist Forum, dan tahun ini World Press Briefing. Hal itu tak lain, karena peran media dan broadcast sangat penting untuk kesuksesan Asian Games. Jika mereka meliput dan bekerja dengan nyaman, maka dukungan akan diberikan kepada penyelenggara demi menyajikan pelayanan yang maksimal,” ucap Sekjen INASGOC Eris Heriyanto.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!