Venue Sepak Takraw Belum Siap

PALEMBANG – Gawat. Hingga lima hari jelang pembukaan Asian Gemes XVIII-2018 venue cabang olahraga sepak takraw belum ready. Sampai Senin (13/8), GOR Ranau dan Dempo, Jakabaring Sport City (JSC) masih dalam tahap finising. Padahal atlet sudah mulai berdatangan. Termasuk sepak takraw Indonesia sudah berada di Bumi Sriwijaya.

“Peralatan belum sampai. Sekarang masih dalam pengiriman dari Tanjung Priok, menuju Palembang. Semua peralatan baik bola takraw (700 buah), net dan lain-lain berasal dari Thailand,” kata Dato Abdul Halim Bin Kader presiden Asian Sepak Takraw Federation (Astaf) usai tinjau venue, Senin (13/8) siang.

Namun kata pria asal Singpura itu untuk pemasangan peralatan tidak dibutuhkan waktu lama. “Pemasangan peralatan di GOR Ranau butuh waktu 12 jam paling lama. Sedangkan untuk GOR Dempo hanya butuh waktu 6 jam. Yang jelas 16 Agustus sore semua sudah beres,” tambah dia.

Menurut pria yang juga sekjen International Sepak Takraw Federation (Istaf) ini GOR Ranau sebagai venue pertandingan akan dilengkapi tiga lapangan. Sementara GOR Dempo untuk tempat pemanasan ada empat lapangan. “Kapasitan GOR Ranau 1.800 tempat duduk, dan pencahayaannya luar biasa. Sehingga saya berpuas hati dari persiapan fisik,” timpal dia.

Ditambahkan Islah Taufik Effendy manajer venue sepak takraw Asian Games, 16 negara akan berlaga di cabor sepak takraw. Diantaranya Korea Selatan, Nepal, Thailand, Malaysia dan Indonesia sebagai tuan rumah. “Pertandingan perdana 19 Agustus nanti antara Thailand dan Malaysia. Final akan digelar 29 Agustus nanti,” tambah dia.

Taufik yang juga sekretaris umum PSTI Sumsel ini berharap dukungan masyarakat Indonesia dan Sumsel pada khususnya. “Indonesia ditargetkan dua medali emas dari sepak takraw. Mudah-mudahan saja tercapai,” tukas dia.

Ditambahkan Taufik belum siapnya venue tidak jadi masalah bagi peserta. Mengingat selama pelaksanaan Asian Games tidak ada waktu khusus buat adaptasi atlet. “Ya, karena ini ajang prestisius antar negara se-Asia, jadi memang venue hanya untuk pertandingan saja,” tukas dia. (ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!