Venues Steril setelah Test Event

LATIHAN: Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden dihelat mulai hari ini (14/7) hingga besok (15/7). Sebelumnya, beberapa peserta sudah mulai latihan di venues. Foto : BUDIMAN/SUMEKS

PALEMBANG – Panitia Daerah Asian Games Sumsel terus melakukan rangkaian uji coba venues cabang olahraga yang akan digunakan saat Asian Games, 18 Agustus-2 September 2018. Salah satunya menggelar test event cabang olahraga, ada 3 test event yang sudah dan sedang berjalan untuk menguji kelayakan venues.
Di antaranya kejuaraan menembak Sriwijaya Open 4-13 Juli, Kejuaraan Sepak Bola Wanita (AFF Womens Championship) berlangsung 27 Juni-14 Juli, terakhir Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 14-15 Juli.
Ketua Panitia Daerah Asian Games Sumsel, Muddai Madang, menjelaskan, test event ini merupakan tes terakhir yang dilaksanakan di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC) jelang Asian Games. Test event juga salah satu simulasi pelaksanaan Asian Games. “Setelah event ini, seluruh venues akan disterilkan hingga pelaksanaan Asian Games. Semua venues juga sudah hampir selesai pengerjaan,” ujar Muddai saat konferensi pers di venue dayung, Jumat (13/7).
Muddai menjelaskan ketiga test event sukses diselenggarakan dengan baik. Seperti pelaksanaan AFF Women Championship diikuti oleh 10 negara Asean. Sementara untuk persiapan sepakbola wanita Asian Games akan diikuti 11 negara peserta dari negara Asia. “Artinya tidak terlalu berbeda jauh dengan pelaksanaan test event. Rencananya, venues yang akan digunakan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Bumi Sriwijaya, serta menggunakan tiga lapangan latihan yakni stadion atletik 1, atletik 2 dan baseball,” katanya.
Untuk kejuaraan nasional menembak diikuti 21 provinsi dengan 307 atlet ditambah 12 atlet paragames, mempertandingkan 20 event atau nomor di antaranya 10 meter air riffle mixed, 10 meter air pistol mixed, 25 meter rapid fire pistol men, 50 meter riffle 3 potition women, 10 meter running target men dan beberapa nomor lainnya. “Jumlah nomor yang akan dipertandingkan saat Asian Games juga tak jauh berbeda,” ungkapnya.
Terakhir pelaksanaan kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden diikuti 22 tim putra dan 9 tim putri dari 18 provinsi, serta 4 tim TNI dan Polri. Event ini yang pertama di venue Dayung Jakabaring dan dibuka langsung Presiden. Pembukaan event sekaligus meresmikan venue yang merupakan terbesar di Asia dengan panjang lintasan 2,2 km, kapasitas penonton 2.500 kursi. “Venue ini terletak di tengah kawasan JSC dan siap 100 persen untuk Asian Games,” bebernya.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB-PODSI), Edy Suyono, mengatakan, kejuaraan mempertandingkan dua kategori di antaranya, nomor 500 meter dan 200 meter putra dan putri. “Uji coba atau test event ini sangat penting memastikan suksesnya perhelatan lomba dayung Asian Games 2018, sekaligus mengukuhkan venue dayung kebanggaan masyarakat Sumsel bertaraf olimpiade serta yang pertama kali di Indonesia,” pungkasnya. (kos/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!