Vertigo, Kenali Gejala Lain

Foto: net

VERTIGO merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.
Dokter Saraf dari Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, dr Pinto SpS mengatakan, vertigo itu ada dua macam pertama vertigo periter, biasanya gangguan pada saraf  keseimbangan yang terletak di telinga  dalam. Kemudian adalagi vertigo sentral, gangguannya pada batang otak  dan otak penyebabknya bisa tumor otak, stroke balik sumbatan  pembuluh darah  karena pecah pembuluh darah dapat menyebabkan infeksi. ”Tapi kebanyakan yang terjadi gangguan vertigo periter,”terangnya.
Vertigo periter ini  gejalanya bukan hanya pusing berputar tapi disertai mual  dan muntah.  Untuk itu jika sudah terjadi keluhan demikian sebaiknya harus segera dibawa ke dokter saraf, karena kedua jenis vertigo ini beda gejalanya.
Pemeriksaan saraf pun akan beda hasil yang ditemukan. Setiap vertigo itu ada obatnya dan tergantung jenis vertigonya.Lebih awal dilakukan pengobatannya maka penanganan yang dilakukan lebih cepat.
Kalau terserang vertigo merasa pusing berputar  harus diperhatikan gejala lainnya, jika terjadi lemah sebelah keseimbangan badan , gangguan keseimbangan bentuk mulut tidak simetris, bicara pelo, ditambah lagi faktor resiko hipertensi , kencing manis, kolesterol tinggi ini kemungkinan stroke.
Ditambahkannya, untuk itu sebaiknya dilakukan pencegahan lebih awal  dengan rutin berolahraga gerak latih kepala, menghindari stres yang berlebihan  sehingga dapat mencegah munculnya beberapa jenis vertigo.
Sementara itu, Kepala Departemen RSMH, dr Achmad Junaidi SpS menambahkan,  gejala bisanya pusing disertai mual dan  muntah. Tapi jika vertigo diluar otak  tidak terganggu berat hanya bisa berulang.” Untuk itu Vertigo ini tidak bisa diduga-duga harus dilakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu,”imbuhnya.
Untuk itu harus lebih waspada di luar otak gangguan telinga bagian luar tertutup  oleh kotoran juga bisa menyebabkan vertigo. Untuk itu perlu dijaga kebersihannya  serta harus mngkonsumsi makana sehat dan seimbang.(uni/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!