Wajibkan Pegawai Bentuk Serikat Pekerja

Petugas Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Empat Lawang memasang baliho di Jalintengsum, Kecamatan Tebing Tinggi. foto: istimewa

TEBING TINGGI – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang meminta perusahaan yang ada di kabupaten tersebut membuat perjanjian kerja dengan para karyawan.

Imbauan tersebut sedang digalakkan, bahkan di pasang beberapa titik baliho imbauan perjanjian kerja di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum), Kecamatan Tebing Tinggi.

“Tujuan kami memasang baliho itu supaya setiap perusahaan mematuhi aturan antara lain mengenai perjanjian kerja dengan karyawannya,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Empat Lawang, Kuswinarto melalui Kabid Tenaga Kerja Joni Verdi, Rabu (8/8).

Pihaknya, lanjut Joni, belum mengetahui berapa banyak perusahaan yang belum membuat perjanjian kerja dengan para karyawannya. Namun para karyawan berhak menanyakannya ke perusahaan atau melaporkannya ke Bidang Tenaga Kerja.

Selain itu, di Kabupaten Empat Lawang belum ada serikat pekerja/buruh yang merupakan organisasi yang dibentuk dari perkerja dan untuk pekerja baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

“Guna Serikat Pekerja itu untuk memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya,” jelasnya. (eno)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!