Wakili Kecamatan, Desa ini Siap Bersaing

Tim penilai lomba desa
Tim penilai lomba desa saat berkunjung ke Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Rabu (5/4). foto: gus munir sumeks.co.id

BATURAJA – Lomba desa tingkat Kabupaten OKU sudah mulai berjalan. Setiap desa yang mewakili kecamatan masing-masing sudah berbenah dan siap dinilai. Mereka siap menjadi yang terbaik dan mewakili OKU di level provinsi.

Seperti misi yang diusung Desa Tanjung Baru yang mewakili Kecamatan Baturaja Timur. Meski baru dilakukan pelantikan Kepala Desa beberapa bulan lalu, mereka langsung tancap gas. Beberapa kekurangan pada pemerintahan sebelumnya sudah diperbaiki dan dimaksimalkan.

“Karena baru jadi belum seluruhnya maksimal. Namun, kami optimis bisa bersaing dengan desa lain. Serta menjadi yang terbaik dan mewakili OKU,” kata Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman saat penilaian lomba desa tingkat Kabupaten OKU, Rabu (5/4).

Sekretaris Camat (Sekcam) Baturaja Timur, Suryadi SE mengatakan Desa Tanjung Baru sudah melakukan beberapa persiapan. “Mudah-mudahan Tanjung Baru bisa bersaing denga desa lain,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU, Drs Ahmad Firdaus MSi mengatakan penilaian tingkat kabupaten dipercepat. Seharusnya Mei diundur menjadi April. “Ini permintaan dari provinsi. Mungkin karena akan bersamaan dengan puasa dan lebaran,” ungkap Firdaus.

Beberapa hal yang bakal dinilai diantaranya, soal pemerintahan, kelembagaan, kewilayahan dan partisipasi masyarakat. Untuk itu, desa harus mengisi profil desa yang sudah diisi selama dua tahun. Kemudian harus ada RPJMD Desa. “Ada juga rencana kerja pemerintaha . Serta hal lain yang berhubungan dengan desa,” imbuhnya.

Baca Juga :  Giliran HD-MY Daftar

Penilaian dilakukan hingga 17 April mendatang. Setiap hari melakukan penilaian di dua desa yang mewakili kecamatan masing-masing. Tim penilai sendiri dari pejabat yang membidangi desa. SKPD terkait, praktisi dan akademisi. “Bangunan bagus belum tentu mennag. Sebab semua sektor harus bagus,” pungkasnya. (gsm)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!