Wanita Karier Lebih Berani Gugat Cerai

Petugas Pengadilan Agama Palembang membagikan nomor antrean undangan sidang kepada pemohon. Foto: Andri/Sumeks

PALEMBANG – Permasalahan dalam rumah tangga, bukan sesuatu yang asing lagi. Tak ada dua insan yang mempunyai kepribadian berbeda hidup dalam satu atap akan terhindar dari keinginan yang berbeda. Rumah tangga diterpa masalah itu biasa. Bahkan ada yang bilang rumah tangga tanpa masalah itu, bagaikan masakan kurang garam. Tapi jika tidak disikapi secara bijaksana, prahara rumah tangga itu bisa berujung perceraian.

Memiliki ekonomi yang mapan, pendidikan tinggi, bukan jaminan rumah tangga dapat terus langgeng. Terbukti ada dari mereka, banyak yang berperkara di Pengadilan Agama. Dalam daftar persidangan di tiga ruang sidang Pengadilan Agama (PA) Palembang, kemarin, terlihat ada yang berprofesi dokter spesialis, pegawai negeri sipil (PNS), guru, pengusaha, pegawai bank, dan lainnya.

Ada yang menggugat cerai, ada yang tergugat. Wanita karier, dominan berani untuk mengguat cerai suaminya. “Dari 200 berkas yang masuk setiap bulannya, pasti ada 1-2 dari kalangan tersebut yang akan bercerai. Tapi untuk jumlah pasti, kami belum membuat rekapnya,” terang Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Klas I A Palembang, Sopandi SH, kemarin. (uni/air/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!