Warga Nobar, Sibuk Curi Motor

Tersangka Hardiansyah (kiri) dan Erik (kanan) diamankan di Polres Lahat. Foto: Polres Lahat

LAHAT – Hardiansyah (25) dan Erik (22) mengambil kesempatan demam Piala Dunia. Di saat warga asyik menonton semifinal antara Prancis kontra Belgia, Rabu (11/7) dinihari, keduanya sibuk mencuri sepeda motor.

Motor Honda Revo nopol BG 2445 EC milik Yudhistira, yang jadi sasaran. Motor miliknya diparkirkan di bawah rumah panggungnya, di Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat. ”Waktu itu, warga ramai nonton bareng (nobar) Piala Dunia di tempat kades, jadi lingkungan sepi,” ujar korban di Mapolres Lahat, kemarin (12/7).

Korban sendiri malam itu tidur di rumah. Tapi, dia tidak tahu jika motornya dicuri. Pagi harinya baru ketahuan motornya hilang. Dia pun segera melapor ke kades dan polisi. Nahas bagi pelaku, melihat sepeda motor milik korban di areal kebun sawit masih di desanya.

Aparat Satuan Reskrim Polres Lahat langsung meluncur melakukan perburuan, ditangkaplah tersangka Erik, Rabu (11/7) siang. Selanjutnya, dikembangkan dengan menyergap tersangka Hardiansyah, yang bersembunyi di Talang Sawah, Kecamatan Lahat Selatan.

“Karena melawan dengan senjata tajam, tersangka (Hardiansyah, red) kami lumpuhkan (tembak kaki, red),” tegas Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi, melalui Kasat Reskrim, AKP Ginanjar, kemarin. Kedua tersangka diketahui juga warga Desa Pagar Batu.

Dari kasus ini, disita barang bukti sepeda motor milik korban dan sajam dari tersangka Hardiansyah. Pengakuan tersangka, Hardiansyah bertugas merusak kabel kunci kontak motor korban. Sedangkan Erik, mengawasi situasi. “Kabel kontak motor dibakar, terus disambung lagi. Terus dihidupkan,” aku Hardiansyah.

Bapak satu anak itu lalu membawa kabur motor korban bersama Erik. Sepeda motor disembunyikan di kebun sawit, ditunggu oleh Erik di areal kebun. Sedangkan Hardiansyah, pergi ke Talang Sawah, Lahat Selatan, mencari calon pembelinya. “Rencananya, motor mau dijual. Hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari,” singkatnya. (gti/air/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!