Waspada AIDS, Dinkes Minta Warga Lakukan Tes Dini

Pemeriksaan HIV/AIDS yang dilakukan dalam rangka hari AIDS, Rabu (6/12). Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Ketidaktahuan warga mengenai gejala penularan penyakit HIV AIDS, mengakibatkan banyak warga tertular penyakit mematikan ini tanpa di sadari secara langsung.

Pemerintah Daerah Kabupaten Muratara melalui Dinas kesehatan meminta seluruh jajaran pemerintah ditingkat desa agar mensosialisasikan dan mengarahkan warga agar melakukan tes darah di setiap puskesmas.

Hasil pengamatan dinas kesehatan, selama 2017 ada dua warga Muratara yang dinyatakan positif tertular penyakit HIV AIDS dan dua wilayah Kecamatan yang berpotensi menjadi daerah penularan, seperti kecamatan Rawas Ilir dan Kecamatan Nibung.

Rata-rata pemerintah daerah dan masyarakat tidak mengetahui secara pasti siapa saja yang sudah tertular karena virus HIV AIDS tidak memiliki gejala khusus yang sangat sulit di deteksi.

” Kita galakan sosialisasi dan arahkan warga untuk melakukan tes dini untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan HIV AIDS,” kata Fatahul Rahman ‎Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) saat menjadi nara sumber
peringatan hari AIDS sedunia, di Muratara, Rabu (6/12). (cj13)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspes Kamis (7/12). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!