Wilayah Tapal Batas Mulai Memanas

Foto Desa Simpang Nibung. Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Puluhan warga Kecamatan Rawas Ulu dan Nibung, Kabupate‎n Muratara, rencanakan aksi damai tuntut wilayah perbatasan simpang nibung masuk ke wilayah Sumsel. Pasalnya, saat ini sengketa tapal batas antara Provinsi Sumsel dan Provinsi Jambi di Desa Simpang Nibung, Muratara, masih terus berlangsung.

“Kami rencananya akan gelar aksi damai di Desa Simpang Nibung, karena desa itu di klaim masuk wilayah Provinsi Jambi. Padahal wilayah itu masih dalam proses klarifikasi kejelasan status di pemerintah pusat,” kata Suharto warga Rawas Ulu, Jumat (13/10).

Menurut Suharto, wilayah Desa Simpang Nibung awalnya berasal dari wilayah Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumsel, namun setelah ada pemekaran Kabupaten Muratara, Desa Simpang Nibung malah masuk ke Provinsi Jambi.

“Padahal acuan pemekaran kita, berdasarkan wilayah Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumsel. Bukan Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Jika tidak ada respon dari pemerintah, kami akan demo ke kantor Menteri Dalam Negeri,” timpalnya. (cj13)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Sabtu (13/10). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!