Yuk, Berburu Barang Online!

Siapa sih yang nggak suka belanja? Dari masa ke masa kebutuhan hidup manusia semakin meningkat, berbagai variasi dan sistem belanja pun selalu diperbaharui setiap hari, setiap jam, dan bahkan setiap detik.

Di era modern ini, berbagai inovasi telah dilakukan untuk menarik minat pembeli. Salah satu bentuk inovasi yang menjamur dalam jual-beli adalah sistem belanja online. Sekarang ini, membeli barang bukan lagi hal yang sulit. Dengan semakin majunya teknologi, masyarakat nggak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai hal, termasuk dalam hal berbelanja. Tentunya orang-orang yang sering eksis di dunia maya (internet), hampir semua paham tentang jual-beli Online. Tidak terkecuali anak muda, pasti sering sekali mengunjungi situs belanja online. Tidak mengherankan jika ini banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.
Belanja online juga salah satu cara instan yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang yang diinginkan tanpa harus pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya dan membuang banyak waktu. Bagi penyedia jasa, sistem belanja online cukup menyediakan berbagai fitur barang-barang yang layak untuk dijual. Apalagi didukung dengan harga yang lumayan mudah dibanding pasar konvensional biasa.
Banyak hal yang dapat diambil manfaatnya dari sistem belanja online. Bagi penyedia sistem ini, mereka tidak perlu repot-repot untuk menyediakan tempat dan membayar pegawai. Selain itu, penyedia belanja online juga tidak perlu membayar pajak untuk lapak sebagai ladang pemasaran. Mereka cukup membuat website yang bisa dikenali masyarakat. Dalam hal ini juga, penjual online lebih leluasa untuk memasarkan barangnya secara luas dan menyeluruh hingga dikenal banyak orang. “Keuntungannya bagi aku sebagian konsumen yang nggak punya banyak waktu buat pergi ke tempat perbelajaan, aku cukup membuka website toko online dan tinggal cari apa aja yang diinginkan. Memilih barang yang ada lalu membelinya dengan cara mentransfer uang ke penjual. Selain itu, aku nggak berdesak-desakan antri untuk mendapatkan barang diskon, karna di toko online udah banyak banget diskonnya”. Jelas Febby Ananda, Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang.
Tapi, Generasi Z perlu cermati bahwa dalam berbelanja online, kita harus benar-benar teliti sebelum mengambil keputusan. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan belanja online untuk mengambil keuntungan, meskipun tidak semua orang melakukan hal itu. Agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi jual beli online, maka calon pembeli sebaiknya mencermati latar belakang penyedia jual-beli tersebut. Biasanya penjual yang profesional dan berpengalaman selalu mencantumkan profil dan kontak yang dapat dipercaya. Bila perlu, calon pembeli meminta bertemu dengan penjual untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (umy)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!