Zulhas Klarifikasi, Bagi-Bagi Uang Bentuk Empati ke Pedagang Sayur

KLARIFIKASI: Edy Agus Yanto saat dimintai keterangan Panwaslu Muara Enim, Rabu (14/3). Foto: Anhar/Sumatera Ekspres

PALEMBANG—Panwaslu Kabupaten Muara Enim akhirnya memeriksa Ketua MPR RI H Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait bagi-bagi duit kepada warga yang berada di atas angkutan desa (Angdes) di Muara Enim pada Selasa 6 Maret lalu.

Pemeriksaan ini menindaklanjuti laporan dugaan money politic dari warga yang dilayangkan ke Panwaslu Muara Enim, pada 9 Maret lalu. Sidang pemeriksaan tidak dihadiri Zulhas yang merupakan Ketum DPP PAN, namun diwakilkan kepada Wasekjen PAN Edy Agus Yanto. Pemeriksaan berlangsung di Kantor Bawaslu Sumsel, Rabu (14/3).

Dalam klarifikasinya, Edy menjelaskan kronologis bagi-bagi uang yang dilakukan Zulhas.

“Itu kebetulan saja, karena Pak Zulhas melaksanakan agenda safari kebangsaan dalam bentuk blusukan ke pasar. Safari kebangsaan ini sudah sejak 2017 lalu dan kebetulan di saat bersamaan dengan masa kampanye pilkada di Muara Enim,”ujar Edy.

Saat kejadian, lanjut Edy, awalnya Zulhas melakukan safari kebangsaan dengan blusukan ke pasar di wilayah Muara Enim.Lalu dia melihat ada ibu-ibu tukang sayur yang naik angot yang mengeluhkan saat ini susah untuk belanja dan meminta bantuan modal.

“Ini kasuistik saja. Saat itu saya mendampingi beliau (Zulhas) ke pasar. Dia menemui ibu-ibu pedagang sayur yang mengeluh, susah belanja karena kurang modal. Maka Pak Zulhas terenyuh, lalu memanggil ajudan, lalu dihitung ibu-ibu dan dan dikasih uang,” ujar Edy. (roz)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Kamis (15/3). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!