6 Tips Agar Liburan dengan Si Kecil Menjadi Mudah & Menyenangkan

Ilustrasi. Foto: net

Bulan Desember telah tiba, saatnya liburan bersama keluarga dan si kecil! Jangan khawatir, liburan dengan anak tidak merepotkan seperti yang Anda bayangkan. Jika mengetahui trik-triknya, liburan dengan anak bisa lancar dan menyenangkan. Yang paling penting adalah persiapan dan perencanaan yang matang sebelum dan selama liburan. Selain selalu mengecek status penerbangan Anda, berikut beberapa tips liburan dengan si kecil yang bisa Anda terapkan. Let’s have some fun!

1. Buat rencana terlebih dahulu

Ketika Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan dan barang bawaan, cek kembali kapan waktu keberangkatan agar bisa sampai di tempat tujuan dengan lancar dan tepat waktu. Jika Anda melalukan langkah ini, perjalanan liburan Anda akan lebih terencana dan terorganisir dengan baik. Anda dan si kecil juga tidak akan terburu-buru yang efeknya dapat membuat anak menjadi rewel atau meninggalkan barang tertentu. Lebih baik lagi jika Anda memeriksa barang bawaan dan segala persiapan malam sebelumnya agar keesokan harinya lebih fokus dan terencana.

2. Tetap lakukan rutinitas anak

Saat berlibur, usahakan tetap melakukan beberapa rutinitas si kecil seperti jam tidur siang, waktu makan, dan hal-hal lainnya yang biasa dilakukan di rumah. Hal ini berpengaruh pada mood dan stamina anak loh. Pastikan selama liburan, si kecil mendapat jam tidur yang cukup agar ia tidak cranky dan tetap fit selama liburan.

3. Siapkan mainan dan cemilan favorit si kecil

Ini penting khususnya selama perjalanan menuju tempat liburan. Bawa beberapa mainan favorit si kecil yang masih ringkas dan mudah untuk dibawa di tas Anda. Ketika anak mulai bosan dan rewel, langsung keluarkan mainannya agar ia langsung teralihkan dan fokus ke mainan. Kalau bisa, hindari mainan yang terlalu berisik jika Anda menggunakan transportasi umum agar tidak mengganggu yang lain. Cara lainnya adalah siapkan cemilan kesukaan si kecil agar lebih ceria. Jangan bawa terlalu sedikit, karena belum tentu jenis cemilan tersebut tersedia di destinasi liburan Anda. Selain itu, bisa juga membawa buku cerita favoritnya agar anak tetap terhibur.

4. Jangan bawa barang terlalu banyak

Memang, traveling dengan anak kecil butuh persiapan yang lengkap dan matang, namun bukan berarti Anda membawa begitu banyak barang yang tidak penting dan belum tentu digunakan saat liburan. Buat list prioritas barang yang akan dibawa, dengan begitu Anda akan tahu mana yang sangat penting dibawa dan mana yang tidak. Hal ini juga akan memudahkan Anda ketika di airport, semakin ringkas barang bawaannya maka semakin mudah dan lancar juga liburan Anda.

5. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis penginapan

Memilih tempat menginap yang sempurna memang agak tricky, sehingga Anda perlu riset dan banyak browsing agar memiliki banyak opsi penginapan. Pastikan penginapan Anda berlokasi di tempat yang strategis dan tidak terlalu terpencil, sehingga jarak tempuh bisa lebih cepat. Selain itu, pertimbangkan juga berbagai layanan yang tersedia seperti baby-sitting service, baby spa, dan lain sebagainya. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat memudahkan Anda saat berlibur. Jangan ragu untuk menghubungi room service jika Anda membutuhkan bantuan.

6. Baby carriage, stroller, atau sling?

Sesuaikan perlengkapan tersebut dengan tujuan liburan Anda. Yang paling disarankan adalah membawa light stroller, karena alat ini lebih mudah dan ringan dibawa liburan, bisa digunakan sebagai temporary bed untuk tidur siang, dan bahannya nyaman untuk anak. Pastikan stroller nyaman untuk anak dan nyaman juga bagi Anda untuk membawanya selama perjalanan liburan. Light stroller bisa dijadikan ‘investasi’ perlengkapan anak karena fungsinya yang memudahkan dan sangat praktis untuk sehari-hari. (ril)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!