Antara Gengsi dan Dendam

Yu Hyun-Koo Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Sriwijaya FC dan PSMS Medan dipertemukan kembali. Derbi Sumatera Jilid II Liga 1 2018 bakal hadir di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, besok (18/10). Klub berjuluk Laskar Wong Kito ini masih menyimpan dendam.
Ya, pada pertemuan pertama di Stadion Teladan, Medan, (18/5), Yu Hyun Koo dan kolega dipaksa menyerah 0-1. Gol tunggal pada laga itu lahir dari kaki Dilshod Sharofetdinov pada menit 84.
So, wajar jika anak asuh Subangkit ingin balas kekalahan di kandang sendiri. Tidak hanya sekadar dendam. Namun gensi derbi juga menyelimuti. Kedua kesebelasan masih sama-sama ingin beri bukti sebagai klub terbaik di daratan Andalas, julukan Pulau Sumatera.
Apalagi di atas kertas skuat Jakabaring masih diunggulkan. Selain bakal bermain di hadapan pendukung sendiri, dalam tabel klasemen sementara juga masih berada di atas Ayam Kinantan, julukan PSMS Medan.
Klub pemilik titel double winner edisi 2007/2008 ini duduk pada posisi 12 dengan koleksi 30 poin dari 25 laga. Sementara sang tamu berada di dasar klasemen atau zona degradasi dengan total 24 poin dengan total 24 laga.
Beda poin cukup jauh, terpaut enam poin. Namun pelatih kepala Sriwijaya FC, Subangkit tak mau jemawa. Dia tidak menjadikan klasemen sebagai patokan. PSMS Medan, menurutnya tetap tim kuat dan patut diwaspadai.
Menurutnya skuat hijau ini punya kecepatan dan kolektivitas permainan, serta dijuluki sebagai “pembunuh” tim besar. Bahkan beberapa nama macam Shohei Matsunaga, Sadney Urikhob dan Frets Butuan bisa jadi bom waktu.
Oleh sebab itu, ia meminta skuat Jakabaring untuk tetap menjaga fokus jelang pertandingan. Tentunya lebih mematangkan strategi untuk membendung serangan lawan agar tidak kehilangan poin berharga di kandang.
“Intinya jangan sampai kecolongan karena memang kita sedang butuh poin saat ini. Kita mengisi latihan dengan terus mematangkan fisik dan strategi untuk lawan nanti (PSMS Medan),” ujar Bangkit, sapaan akrabnya, kemarin.
Di sesi latihan, Subangkit juga terlihat memaksimalkan lini depan yang dimiliki Sriwijaya FC saat ini. M Nur Iskandar, Yogi Rahadian, dan Rizky Dwi Ramadana dipersiapkan untuk kemungkinan terburuk, jika Alberto Goncalves belum siap dimainkan di laga tersebut.
Maklum, Beto dipastikan tidak akan punya waktu istirahat yang cukup setelah pertandingan uji coba internasional antara Timnas Indonesia melawan Hongkong, malam tadi (16/10). Pilihan untuk membangun serangan atau melakukan serangan balik cepat harus dilakukan oleh Sriwijaya FC jika melihat kekuatan calon lawan nanti.
“Bagaimana kita bisa bermain seperti melawan Bali United di Kandang sebelumnya. Dimana seluruh pemain mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Saya pikir, pemain bersiap untuk itu,” tambah mantan pemain Persebaya Surabaya ini.
Hal ini pula yang diungkapkan oleh Kapten Sriwijaya FC, Yu Hyun Koo.
Kehilangan sejumlah pemain di pertandingan krusial, cukup disesalkan pemain berdarah Korea Selatan itu. Menurutnya saat ini, Sriwijaya FC sedang butuh poin dan butuh pemain yang mampu mengimbangi lawan dan memberikan yang maksimal.
“Tentu kami pemain siap, tapi kami akan berusaha lebih baik lagi di pertandingan berikutnya. Kami berharap memang yang lain akan bisa main, tapi apapun itu kami akan bersiap dan memberikan yang terbaik,” tukasnya.
PSMS Medan sendiri sudah siap tempur. Berbagai porsi latihan diberikan kepada Rachmad Hidayat dkk. ”Kita ada program hari ini para pemain banyak ikut finnes, gym, yoga. Mereka ada latihan pagi dan sore, saya tau mereka hari ini latihan dua kali, saya mau kualitas bukan kuantitas,saya senang bagaimana mereka bekerja,tapi ada sedikit masalah dengan Matsunaga,” ujar Peter Butler pelatih PSMS.
Para pemain tetap memiliki semangat tinggi untuk menghadapi Sriwijaya FC nanti. “Kami terus melatih dengan intensitas tinggi untuk mempertahankan kondisi, saya yakin kami (PSMS) akan baik-baik saja meskipun sempat ditunda. Saya lihat semangat mereka yang tinggi, mereka lakukan dua kali lebih hari ini. Tapi tetap saya inginkan kualitas,” tandas tactitian asal Inggris ini. (aja/ion/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!