Anugerah Wanita Inspiratif: Dibalik Sukses Suami, Ada Wanita Tangguh

Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan plakat dan hadiah kepada para pemenang. Foto: M Hatta/Sumeks.
KATEGORI UMUM: Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia (tengah), CEO Sumeks H Suparno Wonokromo foto bersama Wanita Inspriratif kategori umum, malam ini. Foto: M Hatta/Sumeks

PALEMBANG – Penganugerahan Wanita Inspiratif 2018 yang digagas TPP PKK Provinsi Sumsel-Sumatera Ekspres, berlangsung sukses dan semarak, tadi malam (22/12). Suasana semakin meriah, dengan penampilan artis dan penyanyi ibu kota Rinni Wulandari. Jebolan Indonesian Idol itu, membawakan lagu di antaranya Sempurna, Inikah Cinta, Bunda, dan lainnya. Bahkan, sempat menghampiri kursi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, diajak menyanyi bersama.

Fashion show dari lima desainer lokal makin melengkapi kemeriahan malam anugerah wanita inspiratif 2018. Foto: M Hatta/Sumeks.

Fashion show dari lima desainer lokal, juga melengkapi kemeriahan. Seperti dari karya dari desainer Rumah Busana Tria Intan Songket, Rumah Songket Adis, Milawati Zulkarnain (istri kapold Sumsel), dan El’s Butik.

Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, menyakini dibalik sukses suami, ada wanita tangguh yang siap mendorong dan mendukung penuh apa yang dilakukan. Hal itulah yang mendasarinya, bekerjasama dengan Harian Sumatera Ekspres menggelar pemilihan Wanita Inspiratif.

Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru saat menyampaikan pidatonya. Foto: M Hatta/Sumeks.

Dikatakan,kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan kepada perempuan yang hebat sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu ke 90. “Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh perempuan hebat Indonesia yang menginspirasi, ” ujar Febrita, dalam sambutannya, di Griya Agung, tadi malam.

Dengan pemilihan Wanita Inspiratif ini, juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja para TP PKK agar terus berkarya dan meningkatkan kinerja. Sehingga dapat memberikan motivasi dan meningkatkan pembinaan PKK, serta mendukung program pemerintah daerah. “Para ibu PKK juga agar lebih lebih profesional, termasuk organisasinya untuk membina masyarakat, ” harapnya.

Menurutnya, penerima penghargaan ini memiliki kompeten, inovatif dan menjadi penggerak. Bahkan mereka ini bisa mendorong wanita untuk lebih berkarya lagi. “Saya juga berikan apresiasi terhadap dewan juri. Ini harus jadi momentum untuk memberikan yang terbaik. Untuk itu, jadilah perempuan yang hebat, kuat, terhormat dan tangguh, tanpa harus mengeluh,” tegasnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru, juga mengatakan terus menghormati ibu dan wanita sampai kapanpun juga. Dia juga mengapresiasi, penilaian yang dilakukan dewan juri. ”Proses penilaian yang dilakukan ini, sepenuhnya tidak ada intervensi. Dilaksanakan secara objektif. Karena itu, saya jamin keaslian hasil penilaian tersebut,”ucapnya.

HD berpesan, hendaknya penghargaan yang diraih kategori istri kepala daerah maupun kategori umum, agar bisa dipertahankan dan ditingkatkan. “Sebagai suami, kita pasti bangga dengan presasi yang diraih ini. Untuk kaum wanita, jangan pernah berhenti berkarya dan berinovasi dan berikan contoh yang terbaik ke masyarakat dan anggotanya,” ulasnya.

Untuk itu, dia berharap, apapun kegiatan yang dilakukan untuk dapat dipublikasikan. Dimaknai sebagai ajak dan memberi contoh, bukan untuk sombong-sombongan. ”Untuk PKK daerah, mungkin bisa bekerja sama dengan Koran lokal. Misal pemilihan kader PKK tingkat kecamatan, dan lainnya,” pesannya.

Tak hanya ibu-ibu yang dimanjakan. Herman Deru juga mendapat kejutan hadiah dari paduan suara Praja Swarna Dwipa Choir, binaan TP PKK Pemprov Sumsel. Diserahkan naskah lagu dan dinyanyikan perdana di depan HD, lagu berjudul Sumsel Maju Bersama. Yang merupakan visi misi Herman Deru-Mawardi Yahya.

CEO Sumatera Ekspres, H Suparno Wonokromo dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang terjalin antara TP PKK Sumsel dan Sumatera Ekspres. Foto: M Hatta/Sumeks.

CEO Sumatera Ekspres, H Suparno Wonokromo dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang terjalin antara TP PKK Sumsel dan Sumatera Ekspres. Juga disupport penuh Bank Sumsel Babel, Thamrin Brothers dan Garuda Indonesia.”Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi program rutin di masa datang. Sumeks akan terus mendorong dan mendukung program dimaksud,” singkatnya.

Diketahui, dari penilaian Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas, dr Noviar Marlina Gunawan, ditahbiskan menjadi Wanita Inspiratif Tahun 2018 untuk kategori istri kepala daerah. Kemudian peringkat ke 2, diraih Ketua TP PKK Musi Banyuasin Hj Thia Yufada Dodi Reza, dan peringkat ke 3 Ketua TP PKK Musi Rawas Utara Lia Mustika Syarif. (lihat grafis).

Kemudian untuk kategori umum, bidang entrepreneur diraih Elysa Dian Thamrin, bidang sosial budaya Hj Lucianty Pahri, bidang teknologi Prof Ir Filli Pratama MSc (Hons) PhD, bidang lingkungan Syalfitri, bidang kesehatan dr Pipit Hendri Yani SpBP–RE (lihat grafis).

Pemilihan Wanita Inspiratif 2018 ini, penjurian oleh juri profesional dan independent. Yakni, DR Sri Rahayu SE MM (direktur Pascasarjana Univeritas Muhammadiyah Palembang), DR Ir Karlin Agustina MSi (rektor Universitas IBA Palembang), dan July Rianthony Nata Kesuma SE MPd (ketua Forum CSR Kesos Sumsel-Kemensos RI).

Dewan Juri melakukan penilaian atas beberapa parameter dan kriteria. Seperti kunjungan lapangan 50%, bidang sosial dan pendidikan 10%, entrepreneurship 15%, penerapan teknologi 10%, dan inner beauty 15%. ”Ini ada yang kami sayangkan. Seperti Lubuklinggau itu bagus-bagus programnya, tapi yang presentasi diwakili laki-laki. Padahal ‘kan ini kategori istri kepala daerah yang notabene ketua TP PKK,” jelasnya DR Sri Rahayu, Ketua Dewan Juri. (yun/afi/air)

Baca sebelumnya: 

Rinni Idol Bikin Anugrah Wanita Inspiratif 2018 Makin Meriah

Baca juga: 

Malam Ini! Puncak Penganugerahan Wanita Inspiratif 2018

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!