Bersaksi untuk Eks Kalapas

Inneke Koesherawati saat di Pengadilan Negeri Bandung bersaksi untuk mantan Kalapas Sukamiskin, Bandung, kemarin. Foto: JPG

Artis Inneke Koesherawati hadir dalam persidangan kasus suap eks Kalapas Sukamiskin Bandung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (19/12). Dalam kesaksiannya Inneke membeberkan semua soal pemberian mobil, kado ulang tahun hingga soal fasilitas Lapas serta bilik asmaranya.
Dalam sidang ketiga menghadirkan sebanyak empat saksi salah satunya Inneke Koesherawati selaku istri dari Fahmi Darmawansyah. Terlihat Inneke memakai pakaian terusan warna abu-abu dan kerudung.
Inneke terlihat santai dan siap menjadi saksi dugaan suap terdakwa Wahid Husen yang diberikan oleh Fahmi Darmawansyah selalu suaminya. Sebelumnya Inneke pernah dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta dan hari ini dihadirkan sebagai saksi di PN Bandung.
Inneke menjelaskan kenal Wahid Husen tidak lama setelah menjabat sebagai Kalapas baru. Wahid Husen begitu baik kepada Fahmi Darmawansyah bahkan pernah menengok saat suaminya dirawat. “Waktu suami saya sakit, Pak Wahid menjenguk di Rumah Sakit. ‘Fahmi harus sampai sembuh’ itu ucapan semangat kepada Fahmi,” kata Inneke di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (19/12).
Fahmi yang merupakan warga binaan Lapas Sukamiskin sering bercerita dan mengatakan tentang Wahid Husen itu orang baik. Cerita Fahmi tentang mantan Kalapas ini layaknya orang sedang jatuh cinta. ”Cerita seperti jatuh cinta, seperti sudah kenal lama padahal baru kenal. Padahal Waktu suami saya dirawat Wahid Husen baru masuk (sebagai Kalapas),” ucapnya.
Selain pernah menjenguk usai Fahmi Operasi, Wahid Husen pun sering menyemangati dan ngasih obat kepada Fahmi Darmawansyah. “Memberikan perhatian, ngasih obat agar diabetnya turun. Jadi prinsipinya kalau orang baik, maka akan dibaiki,” ujarnya.
Dalam membalas kebaikan Wahid Husen, Fahmi meminta Inneke untuk mengirim barang atau makanan ke lapas. Karena pengakuannya, Inneke sering mengirim gula, kopi, teh, dan makanan ke Lapas Sukamiskin. Sehingga ketika Fahmi meminta Inneke memberi kado ulang tahun untuk teman Wahid Husen sebuah tas maka langsung mengiyakan tanpa ada rasa curiga.
Selain tas yang dibeli dari Singapura seharga Rp20 juta, juga pernah memberi sandal, sepatu, dan mobil double cabin 4×4 seharga Rp427 juta, namun karena ada diskon sehingga harganya Rp407 juta. Permintaan Fahmi kepada istrinya melalui sambungan telepon.
“Lewat telpon carikan mobil, karena biasanya beli obat, baju jadi saya tanya ‘mau ngasih siapa’ ternyata buat Wahid Husen. Saya hanya patuh karena biasa ngasih,” jelasnya.
Diberitakan narapidana tipikor Fahmi Darmawansyah terlibat kasus dugaan suap terhadap Eks Kalapas Wahid Husen. Segala pemberian Fahmi meminta kepada Inneke Koesherawati selaku istrinya. (ona/JPC/AIR)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!