INAPGOC Dapat Rp200 Miliar dari 43 Perusahaan

Pose bersama pengurus INAPGOC. foto: istimewa

JAKARTA – Asian Para Games (APG) III/2018 ternyata diminati banyak perusahaan. Sebanyak 43 perusahaan resmi menyatakan dukungannya sukseskan pelaksanaan multievent antarbangsa Asia untuk atlet disabilitas. Kepastian ini didapat setelah mereka menandatangani nota kesepahaman dengan Panpel Asian Para Games (INAPGOC) di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

“Dari APBN, kami mendapatkan alokasi dana Rp1,7 triliun dari pengajuan awal kita sebesar Rp4 triliun. Tapi sebagaimana semangat awal, kami akan berusaha efisiensi anggaran. Kegiatan ini akan jadi benchmark, jika bisa efisiensi dan maksimal. Saat ini kita efisiensi dengan keterlibatan sponsor. Nanti akan kita jelaskan dimana saja dan berapa efisiensinya. Kita harus kembalikan uang ke negara jika ada efisiensi,” terang Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari usai penandatanganan nota kesepahaman dengan para sponsor di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Direktur Revenue INAPGOC Hakim Hasinah menjelaskan, sebetulnya ada 49 perusahaan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan Asian Para Games (APG) III/2018. Namun untuk saat ini baru 43 perusahaan yang memastikan diri dengan meneken nota kesepahaman. Dari total kerja sama yang sudah terjadi, veluenya sebesar Rp200 miliar. Mereka di antaranya BRI, Bank Mandiri, Allianz, Bukalapak, PLN, dan Transjakarta.

“Kebanyakan kerja sama ini berbentuk produk untuk membantu dan memenuhi kebutuhan para atlet. Ada makanan, minuman, asuransi, serta materi promosi yang bisa meningkatkan awareness kepada masyarakat terhadap Asian Para Games. Jika ditanya, kebutuhan mendasar apa yang dibutuhkan para atlet, ya air,” jelas Hasinah.

Baca Juga :  Pariwisata Indonesia Tumbuh Paling Pesat di Asia Tenggara

Lanjut Hasinah, jika pun toh ada berupa uang, hanya 5-10 persen dari value kerja sama dengan 43 perusahaan tersebut. Itu pun dari satu perusahaan perbankan, Bank Rakyat Indonesia. “Dari Rp200 miliar ini 5-10 persen fresh money. Cuma dari BRI sebesar Rp10 miliar. Nanti untuk dana sponsor akan dikelola seperti di Asian Games, yaitu melalui LPDUK Kemenpora. Kami di INAPGOC tidak ada target spektakuler untuk dana sponsor karena apa yang kita dapatkan akan kita kembalikan ke atlet,” ucapnya.

APG 2018 pertandingan 18 cabang olahraga. Indonesia mengirimkan 300 atlet dan 125 ofisial. Di ajang ini, kontingen Indonesia ditarget harus bisa menembus peringkat 7 besar dengan gorengan 16 medali emas. Para kontingen sudah dikukuhkan oleh Menpora
Imam Nahrawi dan dilepas Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta Pusat, Selasa (2/10).(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!