Ini Jumlah Pendonor Darah di PMI Lahat

H Haryanto membuka Muskab PMI Lahat, Selasa (18/12). foto: agustriawan sumeks.co

LAHAT – Pendonor darah aktif di kabupaten Lahat ternyata tak begitu ramai diminati. Namun begitu, secara perlahan sudah ada kerja dengan komunitas, paguyuban, intansi maupun perusahaan untuk melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Ya memang belum ramai untuk pendonor aktif. Hal ini lantaran ada anggapan dengan mendonor maka penyakit akan berpindah,” ujar Ketua PMI Lahat H Hazairin usai acara pembukaan Musyawarah PMI Kabupaten (Muskab) Lahat yang dibuka Wakil Bupati H Haryanto, di Hotel Callista, Selasa (18/12).

Lanjutnya, jumlah pendobor darah di Lahat saat ini mencapai 250 orang. Rata-rata penggunaan darah per bulan sekitar 200 per kantong. Sedangkan dalam sebulan biasanya hanya berkisar 80-90 pendonor.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut, kita sering menggelar acara donor darah. Ditambah adanya pendonor aktif dan pendonor sukarela,” bebernya.

Sementara untuk jenis golongan darah semuanya siap dari A, AB, B dan O. Selain itu jelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahan intansi untuk menggelar acara donor darah.

“Untuk stok persiapan natal dan tahun baru aman,” ungkapnya. (gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!