Jokowi Ingatkan Pengelolaan Dana Asian Games

Gubernur H Alex Noerdin saat menghadiri rapat terbatas di kantor presiden, Rabu (7/6). foto: syafran martoni sumeks.co.id

JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali memanggil jajaran terkait mengevaluasi persiapan jelang penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games tahun 2018. Jokowi menggelar rapat terbatas di kantor presiden, Rabu (7/6).

Jokowi sendiri terus memantau kemajuan persiapan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games ini. Titik berat dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya berkutat pada penyiapan infrastruktur transportasi dan akomodasi para atlet yang akan bertanding.

Dalam arahannya kali ini, Jokowi menekankan bahwa penggunaan anggaran di kedua perhelatan olah raga tersebut harus dikalkulasi secara detail. “Dalam penggunaan anggaran, prinsip-prinsip yang harus kita pegang sekali lagi efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Anggaran juga harus betul-betul dikalkulasi secara detail,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta penggunaan alokasi anggaran yang ada nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Oleh karenanya, ia mewanti-wanti jajarannya untuk tidak bermain-main dengan penggunaan anggaran. “Perlu saya ingatkan, anggaran tidak dilebih-lebihkan dan juga tidak berlebihan,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa dalam perhelatan olahraga ini, perhatian akan tertuju pada Indonesia. Inilah saat yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk membawa nama baik di mata dunia.

Sementara Menpora Imam Nachrowi mengatakan untuk kedua even internasional tersebut, sasaran yang ingin dicapai adalah sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi.

“Kami sampai saat ini terus menjalin komunikasi dengan kementerian atau lembagai lain terkait untuk mensukseskan pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames 2018. Kedua even ini memang menjadi konsen penting bagi kami untuk bisa berjalan dengan baik, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada anggota Komisi X DPR RI yang terus memberikan masukan dan saran yang terbaik untuk menyukseskan acara ini,” kata Imam.(ran)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!