Kabupaten ini Kembangkan Padi Dayang Rindu

Ilustrasi. foto: dok sumeks.co

RUPIT – Pemerintah Kabupaten Muratara saat ini tengah mengembangkan varietas tanaman lokal, Padi Dayang Rindu ke seluruh pelosok daerah. Sejumlah masyarakat diminta membentuk kelompok tani, sehingga mampu memproduksi padi lokal tersebut dengan maksimal.

Sukri, petani asal Desa Remban, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara mengatakan, awalnya Padi Dayang Rindu hanya dianggap masyarakat sebagai tanaman selingan di awal membuka lahan. Menurutnya, varietas padi ini hanya cocok dikembangkan di areal ladang yang tidak memerlukan air cukup banyak.

“Kalau kato wong tuo ini padi selang, memang padinyo pulen, besar-besar dan wangi. Tapi sekarang yang nanam sudah jarang, kalu dulu biasanya saat membuka lahan dengan cara dibakar, orang tua kita menyemai padi itu dulu sebelum menanam karet atau sawit di kebun,” kata Sukri.

Dikatakannya, di Muratara, Padi Dayang Rindu baru sebatas dikembangkan masyarakat untuk konsumsi pribadi. Namun akhir-akhir ini, pemkab mulai merespon positif untuk mengembangkan varietas Padi Dayang Rindu dalam skala produksi.

“Sekarang siapa saja yang mau nanam Padi Dayang Rindu, bisa meminta bibitnya secara langsung ke Dinas Pertanian,” timpalnya. (cj13)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!