Kuda Simbol Kekuatan

ADIK- ADIK siapa yang pernah menunggang kuda? Gimana rasanya. Tegang, takut atau enjoy? Tapi sebaiknya kalau menunggangi hewan ini harus ada penjaganya ya. Kuda pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara. Tak hanya itu, kuda juga berperan sebagai hewan penarik.

Hewan berkaki empat ini dapat ditunggangi manusia dengan menggunakan sadel dan dapat juga digunakan untuk menarik sesuatu seperti kendaraan beroda atau bajak.
Kuda dalam berbagai kebudayaan dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, dan kekuatan. Dalam bahasa latinnya kuda Equus caballus atau Equus ferus caballus).
Di Indonesia sendiri, kuda sudah lama dikenal sebagai alat transportasi. Di beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Selain itu kuda juga digunakan sebagai perlengkapan perang atau pasukan berkuda, penghasil susu dan sebagai penghasil daging serta untuk lomba balap kuda. Di Indonesia kuda banyak diternakkan atau dipelihara di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). (*)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!