Lestarikan Budaya Melalui Lomba Literasi

Siswi Empat Lawang membawakan tarian. foto: hendro sumeks.co

TEBING TINGGI – Ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Empat Lawang, sangat antusias mengikuti lomba literasi legenda dan tari tradisional Kabupaten Empat Lawang, Rabu (12/12).

Kegitan tersebut dipusatkan di aula Hotel Kito, Kecamatan Tebing Tinggi, dibuka langsung Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dan dihadiri kepala OPD, guru dan masyarakat.

“Kegiatan lomba seperti ini sebagai media untuk melestarikan kembali kesenian dan kebudayaan Empat Lawang,” kata Joncik

Salah satu visi misinya sebagai bupati, adalah mengembangakan kebudayaan dan pariwisata. Dengan kegitan ini dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk menghidupkan dan mengembangkan kebudayaan yang ada.

“Dengan lomba ini saya berharap akan muncul bibit-bibit unggul dan menjadi duta kebudayaan dan pariwisata. Karena anak-anak Empat Lawang ini terkenal alap-alap (bagus-bagus),  belagak (cantik), dan Insyaallah akan menjadi bintang,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih mengatakan kepada para peserta bahwa bukan juara yang diharapkan tapi sportivitas dan semangat anak-anak yang digali.

“Peserta dan dewan juri mari kita junjung tinggi sportivitas. Juara itu untuk nomor sekian, yang terpenting semangat dan berani tampil,” katanya. (eno)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!