Lihat Nih… Jenderal Patroli Bersepeda dengan Polwan Cantik

Brigjen Amrin Remico melakukan patroli bersepeda dengan jajarannya. foto: humas polda for rakyat kalbar

PONTIANAK – Patroli menggunakan sepeda tak hanya dilakukan bintara Polri. Saat memantau arus balik, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Amrin Remico dan jajaran Dit Sabhara mengayuh sepeda berkeliling Kota Pontianak, Sabtu (1/7).

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memantau situasi Kamtibmas di lokasi padatnya arus balik Lebaran.

Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Sugeng Hadi Sutrisno memaparkan, patroli bersepeda tersebut dipimpin Brigjen Pol Amrin Remico didampingi Kepala Biro Operasi Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Direktur Lalu-lintas Kombes Pol Nanang Masbudi dan Direktur Sabhara Kombes Pol Pulung Rohmadianto.

Patroli bersepeda ini sekaligus memantau situasi dan kesiapan jajaran kepolisian yang tersebar di pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan di terminal dan pelabuhan laut Dwikora Pontianak.

“Patroli ini juga mengantisipasi aksi kejahatan pada arus balik lebaran dan memantau situasi dan kesiapan personel yang tersebar di pos-pos pengamanan,” kata Sugeng.

Setiap Pospam disambangi Wakapolda. Sekaligus melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pengecekan terhadap senjata api yang dipegang anggota.

“Sekaligus mengecek kesiapsiagaan personel di lapangan yang sedang melayani masyarakat,” ucapnya.

Dit Sabhara Polda Kalbar memiliki personel yang rutin berpatroli. Jika dibandingkan menunggang sepada motor, bersepeda akan lebih mudah menjangkau masyarakat dalam situasi yang macet serta lebih humanis.

Baca Juga :  ASDP Siapkan Tiket Online

Masyarakat bisa meminta pertolongan kepada anggota yang sedang berpatroli maupun yang sedang berjaga di Pospam dan Pos Pelayanan Kepolisian.

“Misalnya melaporkan terjadi pencurian. Nanti anggota akan mengantar masyarakat melapor ke kantor kepolisian terdekat atau melapor di pos pengamanan,” jelas Sugeng.

Polisi yang bertugas dilengkapi tongkat yang disimpan di kantong, borgol dan kapur untuk mensketsa korban kecelakaan.

Sugeng berharap kehadiran polisi di lapangan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sedang berkumpul di tempat keramaian, tempat wisata maupun mereka yang mudik serta arus balik lebaran. “Kita harapkan arus balik lebaran tahun ini aman terkendali,” harap Sugeng. (amb)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!