Liverpool Sukses Taklukkan MU

Liverpool seharusnya bisa mengalahkan Manchester United dengan selisih lebih dari dua gol jika mengacu pada data statistik pertandingan kedua tim tersebut yang dilansir dari Opta.

The Reds sukses menaklukkan tim asuhan Jose Mourinho dengan skor 3-1 pada laga pekan 17 Liga Inggris 2018/2019 di Stadion Anfield, Minggu (16/12).

Secara statistik, tim besutan Juergen Klopp tampil sangat mendominasi terutama dalam hal perbandingan jumlah tembakan kedua tim. The Reds total menciptakan 22 tembakan, sedangkan Setan Merah hanya mampu melepas lima kali.

Dari 22 tembakan itu, 11 di antaranya melenceng, dan 11 mengenai sasaran serta tiga di antaranya berbuah gol. Sedangkan Romelu Lukaku dan kawan-kawan hanya menciptakan dua kali tembakan tepat sasaran dengan satu menjadi gol dan tiga kali melenceng.

Jika ditotal lagi, The Reds sebenarnya memiliki 36 kali percobaan ke gawang Man United. Namun, sebanyak 14  kali berhasil diblok.

Penguasan bola The Reds juga unggul jauh dari Man United terutama di babak kedua yaitu 67 persen berbanding 33 persen.

Mengacu pada data statistik pertandingan, Mohamed Salah dan kawan-kawan juga memiliki total operan nyaris dua kali lipat dari Setan Merah. Mereka menciptakan 562 kali umpan berbanding 323 kali operan yang dilakukan para pemain tim tamu.

Liverpool memang bermain sangat agresif sejak awal-awal babak dengan terus membombardir pertahanan Man United yang memilih bermain dengan strategi 3-5-2.

Tim tuan rumah juga sangat superior jika membandingkan dari jumlah umpan silang yang mereka ciptakan sejak dari awal-awal babak pertama. The Reds membuat 29 kali umpan silang, sedangkan Man United hanya tujuh kali.

Pemain cadangan Liverpool Xherdan Shaqiri menjadi penentu kemenangan The Reds berkat dua golnya di babak kedua. Shaqiri masuk menggantikan Naby Keita pada menit ke-70 saat kedudukan masih imbang 1-1.


Hanya tiga menit kemudian, pemain Timnas Swiss itu mampu mencetak gol dan membuat Liverpool unggul 2-1. Shaqiri kembali mencetak gol pada menit ke-80 sekaligus menutup laga dengan kemenangan The Reds 3-1 atas Setan Merah.

Dengan kemenangan tersebut, Liverpool kembali ke puncak klasemen mengantongi 45 poin atau hanya selisih satu poin dari Manchester City di posisi kedua. Sementara itu, Man United masih terkunci di peringkat keenam klasemen sementara.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!