Lumat Al Ain 4-1, Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub

Pemain Real Madrid, Marcos Llorente merayakan golnya bersama team. Foto: REUTERS/Ahmed Jadallah.

Real Madrid memastikan diri sebagai kesebelasan tersukses di ajang Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Al Ain dalam final tahun ini yang berlangsung di Stadion Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhabi, Sabtu (22/12) waktu setempat, sekaligus meraih gelar keempat.

Madrid sudah membuka peluang ketika pertandingan baru memasuki menit keempat melalui sepakan Marcos Llorente yang mengenai Ismail Ahmed sehingga mengenai tiang gawang.


Namun sang juara Liga Champions Eropa juga tidak bebas dari ancaman. Pada menit ke-12 Sergio Ramos melakukan penyelamatan penting menghalau bola yang dilepaskan Hussein El Shahat. Berselang dua menit dari kemelut di gawang Thibaut Courtois, Los Blancos berhasil mencatatkan gol perdana berkat tembakan kaki kiri Luka Modric dari luar kotak penalti.

Satu menit kemudian Al Ain mampu membuat bola bersarang di gawang Courtois, namun wasit menganggap Caio Fernandez offside.

Lucas Vazquez dan Gareth Bale kemudian menghadirkan ancaman ke gawang Al Ain yang hanya berakhir dengan tendangan gawang bagi Courtois.

Kesebelasan yang menyandang predikat tuan rumah dalam gelaran Piala Dunia Antarklub mampu memberi ancaman untuk menyamakan kedudukan, namun kualitas penyelesaian akhir yang tidak apik membuat beberapa peluang terbuang.


Pada babak kedua, Madrid tampil menyerang sejak awal. Bale, Modric, dan Karim Benzema mendapat peluang yang nyaris menggandakan keunggulan El Real.

Gol kedua bagi Madrid baru tercipta pada menit ke-60. Lagi-lagi sebuah gol jarak jauh menjadi penuntas serangan klub raksasa asal Spanyol tersebut.

Diawali sebuah tendangan sudut yang diambil Toni Kroos, bola kemudian dihalau ke luar kotak penalti. Llorente yang datang dari belakang menyepak si kulit bulat dengan tendangan first time kaki kanan.

Memasuki menit ke-78 giliran Ramos yang mengubah angka di papan skor. Tandukannya menyambut umpan sepak pojok Modric tidak mampu dijangkau kiper Al ain Khalid Eisa.

Empat menit jelang laga usai Tsukasa Shiotani memperkecil ketertinggalan Al Ain menjadi 1-3. Tsukasa menyundul bola yang dikirimkan Caio dari tendangan bebas.

Memasuki menit pertama injury time, Madrid menambah satu gol lagi. Gol bunuh diri Yahia Nader yang gagal mengantisipasi tembakan Vinicius dengan baik membuat skor 4-1 untuk anak asuh Santiago Solari.

Kemenangan di laga final kali ini memastikan Madrid menjadi juara Piala Dunia Antarklub untuk kali keempat. Sebelumnya Madrid menjadi juara pada tahun 2014, 2016, dan 2017.

Susunan pemain inti Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Lukas Modric, Marcos Llorente, Toni Kroos; Lucas Vazquez, Karim Benzema, Gareth Bale.

Susunan pemain inti Al Ain: Khalid Eisa; Mohamed Ahmed, Ismail Ahmed, Mohammed Fayez, Tsukasa Shiotani; Rayan Yaslam Mohamad, Mohamed Abdulrahman, Tongo Doumbia; Hussein El Shahat, Caio Fernandes; Marcus Berg.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!