Menlu Usahakan Jokowi Telepon Langsung Erdogan

Presiden Jokowi bertemu dengan Erdogan di Istana Kepresidenan Turki. foto: setpres

JAKARTA – Kemenang Recep Tayyip Erdogan pada pemilu Turki mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Presiden yang biasa dipanggil Jokowi itu mengucapkan selamat kepada Erdogan yang kembali memenangi pemilihan umum. Kemenangan Erdogan dengan perolehan suara lebih dari 50 persen suara telah mencatatkan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan itu sebagai presiden pertama Turki dalam sistem konstitusi yang baru yakni presidensial.

Jokowi menuturkan, dirinya pagi tadi memperoleh informasi dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi perihal kemenangan Erdogan. “Dan saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Erdogan sebagai Presiden Turki,” kata Jokowi di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6).

Hanya saja, Presiden Ketujuh RI ini belum secara langsung menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan. Sebab, Menlu Retno masih mengupayakan agar kedua pemimpin tersebut bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon.

“Tadi saya minta Menlu mengatur agar saya bisa telepon langsung,” tutur suami Iriana itu.

Jokowi juga punya harapan atas kemenangan Erdogan. Mantan gubernur DKI itu mengharapkan kembali terpilihnya Erdogan sebagai presiden akan membuat hubungan bilateral Turki dengan Indonesia di bidang ekonomi dan investasi bisa ditingkatkan.(fat/dom/jpnn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!