Opening Ceremony APG 2018 Hadirkan 1.300 Pakaian

Para pendukung acara opening ceremony APG 2018 yang terlibat saat jumpa pers di jakarta, Kamis (4/10). Foto: Kumaidi/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Anda penasaran dengan keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia? Tontonlah acara Opening Ceremony Asian Para Games (APG) 2018. Acara yang akan dilaksanakan di SUGBK Senayan, Jakarta Pusat, pada 6 Oktober mulai pukul 18.00 WIB itu menyuguhkan betapa beragamnya kekayaan alam dan budaya ndonesia. Di sana akan menjadi pertunjukkan 1.300 jenis pakaian dan 500 model hiasan kepala khas Indonesia.

Desainer kostum acara Opening Ceremony APG 2018, Citra Subiakto mengatakan, acara pembukaan nanti akan menjadi bukti bahwa perbedaan lah yang menjadikan Indonesia berdiri tegak sebagai bangsa. Ini karena Indonesia terdiri dari banyak macam pakaian. Ada 1.300 pakaian asli Indonesia dan 500 jenis hiasan kepala. Semua akan dipertunjukkan di acara pembukaan nanti. Semuanya berbentuk indah.

“Indonesia ini ada karena perbedaan. Banyaknya hiasan kepala ini menunjukkan bahwa orang Indonesia ini bangga dengan kepala dan rambutnya. Buktinya kepala mereka semua dihias. Semua akan ditunjukkan dalam satu acara,” ungkapnya.

Wajah Indonesia akan lebih mendominasi menyusul dihadirkannya alat musik asli Indonesia, yakni gamelan. Alat musik itu akan dikombinasi dengan orchestra. Total ada 50 musisi yang dilibatkan. Semua berasal dari Indonesia. Mengusung tag line “kita satu”, acara nanti akan menjadi perkawinan antara musik orkestra dengan musik tradisional Indonesia. Opening Ceremony pada akhirnya diharapkan menjadi pembuktian bahwa musisi dan alat musik Indonesia bisa mendunia.

Baca Juga :  Deputi 1 Gerakkan Pemuda Sukseskan Asian Games 2018

“Indonesia ini beragam, dan keberagaman itu tidak hanya soal agama tapi juga manusianya beragam dengan adanya disabilitas. Selain musisi, nanti juga para disabilitas akan menyuguhkan penampilan. Total melibatkan 1.500 penari. Panggung akan didesain melengkung melambangkan Indonesia di garis ekuador zamrud khatulistiwa. Kita negara kepulauan dan dikeliingi luat. Semua geografis kita berbentuk melengkung. Semua yang ada di Opening Ceremony tentang Indonesia, tentang kehebatan atlet di luar manusia biasa,” ucap Jay Subyakto, Associate Creative Director & Set Designer Asian Para Games 2018.

Ketum Panpel Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menjelaskan, animo
masyarakat tinggi menyambut acara opening ceremony APG 2018. Buktinya, tiket sebanyak 20 ribu lembar yang dilepas sudah terjual habis. Bahkan, INAPGOC mencetak 2.000 tiket lagi untuk memenuhi keinginan masyarakat menyaksikan acara pembukaan APG 2018.

“Tiket sudah habis. Kita siapkan 2.000 lagi dengan harga Rp750 ribu dan Rp1,5 juta. Tiket mulai dirilis hari ini (Kamis (3/10),” ujar Okto.

“Untuk tema, kami juga sudah sepakat ada bencana yang menimpa Indonesia karena sebelumnya juga ada bencana di Lombok,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya INAPGOC meliris tiket untuk acara pembukaan APG 2018 sebanyak 40 ribu. Rinciannya, 20 ribu untuk undangan dan 20 ribu lagi dijual. Tiket bisa didapatkan di loket.com. Tiket kategori I adalah tiket termurah yang dibanderol dengan harga Rp500 ribu. Kemudian Rp750ribu dan Rp1,5 juta. Adapun kategori termahal dibanderol dengan harga Rp2,5 juta.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!