Optimalisasi Tiang LRT Dongkrak Pajak Reklame

Walikota Palembang H Harnojoyo. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Pemerintah Kota Palembang akan terus berupaya memperbaiki kinerja serta optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, serta melakukan upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini ditegaskan Wali Kota Palembang H Harnojoyo pada Rapat Paripurna ke-21 Masa Persidangan III DPRD Kota Palembang
tentang Jawaban Walikota Palembang Terhadap Pemandangan Umum Fraksi, Jumat (2/11). Rapat dihadiri 29 anggota DPRD Kota Palembang.
“Beberapa hari lalu kami ketemu dan berkoordinasi dengan KPK untuk optimalisasi pajak dan PAD. Dengan kemauan bersama hal ini insya Allah akan terlaksana,” ujarnya.
Menanggapi pandangan umum fraksi, Walikota sependapat untuk melalukan optimalisasi tiang-tiang LRT untuk media reklame. Untuk itu akan dibentuk badan usaha khusus sebagai pendukung optimalisasi LRT dan juga sebagai upaya peningkatan retribusi reklame bagi Kota Palembang. “ Kami sudah mengirimkan surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel dan Kota Palembang akan membentuk badan aset daerah untuk pengelolaan tiang LRT. Nantinya akan digunakan untuk iklan, tapi untuk pajak masuk ke dalam PAD Kota Palembang,” ujarnya.
Harno juga menanggapi sistem zonasi sekolah yang menurutnya pemerintah Kota Palembang akan melakukan perbaikan sistem agar lebih adil dan mampu memfasilitasi sekolah sesuai dengan daya tampung yang ada. “ Pemerintah Kota Palembang juga sudah menyusun skala prioritas sekolah agar dapat dilakukan perbaikan sekolah agar berkualitas,” tambahnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Palembang telah mengajukan raperda tentang perparkiran. Oleh karena itu dirinya meminta DPRD Kota Palembang untuk menindaklanjuti raperda tersebut demi menunjang ketertiban dan kenyamanan di masyarakat.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palembang, Darmawan menyebutkan, rapat yang seyogyanya dimulai pukul 09.00 Wib molor satu jam dikarenakan menunggu anggota dewan yang belum hadir. “ Kita menunggu dulu sekitar sejam, tepat pukul 10.00 WIb sudah kita mulai. Dari hasil absensi, dari 50 anggota DPRD Kota Palembang, yang hadir sebanyak 29 orang. Dengan begitu, sudah memenuhi kuorum,” pungkasnya. (afi/lia)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!