Orang Kaya Bisa Sebanyak-banyaknya Sumbang Sekolah

Kantor Disdik Lahat. foto: agustriawan sumeks.co.id

LAHAT – Perbup No 42 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas atas asas Gotong Royong Melalui Peran Komite Sekolah resmi direvisi. Diganti menjadi Perbup nomor 40 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas atas asas Gotong Royong Melalui Peran Komite Sekolah.

Perubahan terjadi pasal 3 ayat 4 dalam Perbup no 42 tahun 2017 dibuat besaran sumbangan maksimum Rp100 ribu perbulan untuk TK, Rp80 ribu perbulan untuk SD dan Rp150 ribu perbulan untuk SMP.

“Pada aturan baru ini ayat 4 berbunyi besarannya sumbangan disesuaikan dengan hasil keputusan rapat komite sekolah dengan memperhatikan kemampuan masing-masing orang tua/wali peserta didik,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lahat Sutoko melalui Sekretaris Disdikbud Lahat, Cholmin Hariadi, Jumat (16/11).

Lanjutnya bahwa adanya Perbup ini maka Perbub 42 tahun 2017 telah dicabut. Sambungnya bahwa adanya Perbup ini diharapkan partisipasi masyarakat melalui komite sekolah untuk sekolah.

Disinggung dengan adanya aturan baru ini artinya orang kaya bisa menyumbangkan hartanya untuk pendidikan sekolah tanpa batas. “Ya yang kaya kalau mau nyumbang besar tidak apa-apa,” ucapnya.

Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa ada mekanisme dalam partisipasi masyarakat tersebut. Pihak sekolah yang tidak menuruti maka akan diberi sanksi. “Kepseknya bisa dicopot dari jabatan bila tidak menaati aturan yang ada dan ikut campur dalam komite sekolah,” tambahnya.

Baca Juga :  80 Peserta Ikuti LKS

Sementara untuk sosialisasi, lanjut Cholmin telah dilakukan. Seperti ke UPTD, kepala sekolah dan lainnya.

Seperti diketahui bahwa permasalahan ini dikritisi pemuda Lahat lantaran ada temuan pihak sekolah yang meminta sumbangan. Dengan dalih adanya aturan besaran sumbangan. Serta meminta pihak Disdik untuk mensosialisasikan Perbup baru tertanggal 23 Oktober 2018, agar diketahui pihak sekolah dan masyarakat.(gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!