Penumpang LRT Naik Akhir Tahun

RAMAI: Transport LRT bakal lebih ramai di musim libur Natal dan tahun Baru. Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Penggunaan transportasi kereta api diprediksi naik jelang hari libur Natal dan tahun baru. Termasuk jasa transportasi kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang. Executive Vice Prisdent Drive III Palembang, Anang Yoyo mengatakan kenaikan jumlah penumpang LRT tak terlepas dari masa hari libur. Di mana banyak wisatawan akan habiskan waktu liburnya berkeliling Kota Palembang.
“Insya Allah, tak cuma kereta umum, juga LRT. Karena saat ini LRT lebih banyak digunakan sebagai alat transportasi wisata. Bisa lihat setiap weekend (Sabtu-Minggu) jumlahnya mencapai 6 ribu-7 ribu pengguna, naik 30 persen dari hari biasa,” ungkapnya di sela Safari Maulid Isyril Kota Palembang, Rabu malam (19/12).
Selain itu, meningkatnya penggunaan LRT tak lepas dari gencarnya PT KAI menyosialisasikan transportasi ini. “Kita turut mengimbau masyarakat sama-sama menjaga alat trasportasi LRT, baik sarana prasarananya karena LRT ini untuk kepentingan kita bersama,” tuturnya.
Selain LRT, prediksi lonjakan penumpang di akhir tahun juga berlaku bagi kereta umum bisa naik 8 persen. Khusus libur Natal-tahun baru, PT KAI menyiapkan 50.574 tiket tambahan untuk antisipasi lonjakan penumpang. Tiket yang disiapkan itu untuk keberangkatan 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.
“Diperkirakan puncak keberangkatan terjadi pada 23-26 Desember 2018. Pihaknya tak melakukan penambahan gerbong, tetapi lebih fokus mengoptimalkan daya tarik lokomotif. Agar angkutan Natal-tahun baru berjalan lancar, seluruh jajaran PT KAI Divre III tak diizinkan mengambil cuti tahunan. Mereka harus bekerja sesuai peran masing-masing dan berkoordinasi dengan petugas posko, seperti Polri, TNI, dan tenaga medis. “Kita juga siaga untuk daerah-daerah rawan bencana alam apabila terjadi rintangan di jalan. Disiapkan tenaga flying tank, petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, penjaga jalan lintas, dan petugas posko,” kata dia. (cj11/fad/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!