Putus Akibat Longsor, Jalan Lintas Lama Memprihatinkan

PUTUS: Kondisi Jalinsum Lama yang pututs dan kondisinya memprihatinkan. Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Kondisi jalan Lintas Sumatera‎ lama aset milik Pemerintah Provinsi Sumsel, di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara cukup memprihatinkan. Jalan ini sudah banyak alami kerusakan dan putus akibat tergerus longsor. Kendati tidak bisa lagi digunakan sebagai jalan lintas Provinsi, warga lokal masih menggunakan jalan ini sebagai jalan poros sehari-hari.

Nurila (70) warga Desa Beringin Jaya, yang tinggal di tepi Jalainsum Lama menuturkan, awalnya jalan yang persis berada di depan rumahnya merupakan akses utama masyarakat yang menjadi penghubung wilayah Sumsel dengan Provinsi Jambi. Karena banyak akses jalan terkena longsor, tahun  1982 jalan itu mulai di pindahkan ke Jalan Lintas Baru.

“Sekarang jalanya putus dan tidak pernah lagi diperbaiki, sekarang warga banyak lewat ke Jalinsum Baru di depan. Tapi akses jalan ini masih tersambung sampai ke Kabupaten Mura, di Kecamatan STL Ulu Terawas,” katanya, Kamis (11/10). ‎

Dia mengaku, keberadaan akses jalan lintas lama sebetulnya masih bisa dimaksimalkan jika ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyambung kembali jalan yang putus. (cj13)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Jumat (12/10). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!