Seleksi Pejabat? Gunakan Fasilitas Assessment Center ini

Pejabat Polda Sumsel pose bersama usai peresmian gedung Assesment Center. foto: novi haryanto sumeks.co.id

PALEMBANG – Polda Sumsel punya gedung baru. Namanya Assessment Center. Kemarin (7/11), gedung berlantai tiga dan bercat coklat muda, diresmikan Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri.

Gedung tersebut punya fasilitas lengkap untuk mendukung proses assessment. Baik ruangan maupun peralatan pendukung seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Juga ada server mobile untuk melaksanakan uji kompetensi yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Beberapa metode Assessment Center seperti Psikometri dan Intray, Behavioral Event Interview (BEI), Problem Analysis, Games, Presentasi Indovidual, dan Leadership Group Discussion (LGD).

Tak hanya untuk internal Polri saja, tapi Assessment Center juga bisa digunakan eksternal Polri. Seperti dari instansi pemerintah, BUMN/BUMD, maupun instansi lainnya.

Jenderal Bintang Dua menyebut, Assessment sangat diperlukan untuk seseorang sebelum menduduki jabatan di instansinya atau pun meningkatkan karirnya. “Jadi, melalui Assessment akan tergambar kompetensi seseorang sebelum mengemban jabatan strategis. Jadi, silahkan bagi instasi atau pun lembaga lain, untuk memanfaatkan. Assessment Center Polda Sumsel,” kata Eko.

Eko menambahkan, sejak 2012 lalu Mabes Polri sendiri telah melaksanakan Assessment Center jabatan sebanyak 5.573 orang di lingkungan pemerintah pusat dan daerah. Seperti Kompolnas, BNN, Peruri, Pemprov DKI, Lampung, Riau, dan Jateng. Serta Pemkot Palembang dan Semarang.

Baca Juga :  Lantik Pejabat di Akhir Masa Jabatan, ini Kata Bupati

“Kemampuan para Assessor yang dimiliki Polri juga terus ditingkatkan. Sesuai dengan slogan dari Assessment Center Polri, yakni Terukur, Tepat, dan Tetpercaya,” tukasnya.

Sementara, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menambahkan, lebih dari 873 orang yang sudah di Assessment di Polda Sumsel. Tidak hanya Polri, tetapi juga aparatur sipil negara (ASN) di luar Polri sudah menggunakan Assessment Center Polda Sumsel. (vis)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!