Sulit untuk Bangkit

Lewis Hamilton FOTO : REUTERS/CHRIS WATTIE

SPIELBERG – Dua seri sebelum GP Austria, Lewis Hamilton sepertinya sudah akan mengambil kendali dalam perebutan gelar juara dunia Formula 2017. Tapi setelah rentetan masalah teknis yang datang tanpa prediksi pembalap Inggris itu kini berada di posisi sulit. Bisakah dia bangkit?

Setelah hanya mampu finis keempat di Red Bull Ring, Minggu (9/7) malam, kini Hamilton tertinggal 20 poin dari rival terbesarnya di klasemen pembalap F1 Sebastian Vettel (Ferrari). Jika mundur lagi ke musim lalu, situasi yang hampir sama juga dialami pembalap Inggris tersebut. Di akhir musim, dia gagal mempertahankan gelar juaranya.

Tahun lalu, Hamilton juga mengalami penalti akibat mengganti gearbox dan masalah mesin di Tiongkok. Kemudian kasus mesin lagi di Rusia. Lanjut ke tabrakan dengan mantan rekan setimnya Nico Rosberg di Spanyol dan crash di sesi kualifikasi hingga kerusakan ERS di Baku. Hamilton yang tertinggal 24 poin di belakang Rosberg di Austria 2016, mengalami tabrakan lagi di lap terakhir.

Tapi pembalap Inggris itu mampu mengepras jaraknya menjadi 11 poin dari Rosberg. Meki begitu, lagi-lagi masalah mesin di GP Malaysia membuat peluangnya mempertahankan gelar juara musnah.

Baca Juga :  Ranger-Dutro, Produk Hino yang Paling Banyak Diburu

Di Austria tahun ini, Hamilton kembali harus berurusan dengan pergantian gearbox karena rusak di Baku. Penalti lima grid start membuatnya harus memulai balapan dari posisi ke-8 setelah hanya mampu finis ketiga di sesi kualifikasi. Kondisi itu membuatnya sulit bertarung merebut kemenangan. Alih-alih memperpendek jarak poin dari Vettel, Hamilton justru kehilangan enam poin.

Sebelumnya di Baku, insiden copotnya pelindung kepala atau headrest di kabin mobil Hamilton juga berakibat lepasnya kemenangan yang sudah ada di tangan. Bisa jadi, ini adalah posisi tersulit Hamilton sepanjang musim ini.

Namun mantan pembalap McLaren itu mengaku tak terlalu gundah dengan situasinya saat ini. ”Aku rasa itu hanyalah asumsi. Aku merasa baik-baik saja, meski tentu saja saat ini sangat sulit untukku. Tapi aku bisa bilang apa?,” tutur Hamilton dilansir GP Update. (cak/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!