Tambah Persaingan Smartphone

LAUNCHING; Peluncuran perdana smartphone Realme, kemarin. Foto: Reiza/Sumatera Ekspres

JAKARTA – Persaingan pasar smartphone Tanah Air makin ketat. Brand global berlomba-lomba masuk karena melihat potensi yang sangat besar. Realme yang baru diluncurkan di India Mei lalu, kini juga mulai merambah pasar
Indonesia. Di India, Realme cukup sukses setelah menempati posisi dua besar pasar smartphone secara online berdasarkan volume penjualan bulanan. Indonesia jadi negara kedua ekspansi Realme.

Untuk tahap awal, dikenalkan tiga produk smartphone melalui Realme 2, 2 Pro dan C1. Sama seperti Xiaomi yang awalnya dipasarkan secara online, Realme juga memiliki strategi melalui e-commerce. Lazada akan jadi mitra dalam memasarkan produk ini.

“Peluncuran Realme di Indonesia merupakan babak baru bagi kami untuk menjadi game changer dalam industri smartphone global. Acara peluncuran di Indonesia ini akan jadi momentum untuk itu (industri smartphone global),” ujar Josef Wang, Marketing Director of Realme Southeast Asia, kemarin.

Dalam memasarkan produknya, Realme menyasar segmen anak muda sesuai dengan tagline Proud to be Young. Sebab, generasi muda saat ini tak hanya menggunakan smartphone untuk alat komunikasi, tapi juga dalam bersosialisasi, bekerja dan belajar. Agar tepat sasaran, Realme hadir dengan desain unik dan stylish, performa tinggi, smart camera dan kualitas sesuai dengan kebutuhan target market yang didefinisikan sebagai power meets style. Realme sendiri tak hanya akan hadir di India dan Indonesia tapi juga menjangkau negara lain.

“Kedepannya kami juga akan hadir di Vietnam, Thailand , Malaysia dan lainnya,” bebernya.

Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia menambahkan, percaya diri menghadapi pasar Tanah Air karena spesifikasi yang dihadirkan pada smartphone Realme. Realme 2 hadir dengan layar 6,2 inci dan rasio screen to body 88,8 persen serta rasio layar 19:9, kapasitas baterai 4230 mAh dan AI Power manager agar daya tahan lama hingga 44 jam. Kamera belakang dual 13MP+2MP dengan portrait, depan 8MP plus AI beauty 2.0. Tersedia dua opsi memori, RAM 3GB+ROM 32GB dijual Rp2 juta dan RAM 4GB+ROM64GB2,4 juta.

”Realme 2 jadi smartphone layar notch pertama dengan harga Rp2 juta,” bebernya.

Realme 2 Pro memiliki rasio screen to body 90,8 persen, prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE, GPU Adreno 512 dan hub sensor Qualcomm All-ways aware dan HVX serta AI. Baterainya 3500 mAh, kamera belakang 16MP dilengkapi sensor Sony IMX398 fokus ganda dan depan 16MP plus fitur AI beauty 2.0, sistem operasi Color OS 8.1. Dilengkapi game space untuk kepuasan bermain, fitur keamanan terintegrasi, smart driving, AI board, google assistant, smart scan dan lainnya. Model ini memiliki tiga tipe, RAM 4GB+ROM 64GB dijual Rp2,9 juta, RAM 6GB+ROM 64GB Rp3,3 juta dan RAM 8GB+ROM 128GB Rp3,7
juta.

Terakhir, produk yang dipasarkan untuk entry level lewat C1 memiliki ukuran 6,2 inci, full HD 1080p dan rasio layar 88 persen. Baterai besar 4230mAH bisa dipakai hingga 18 jam untuk musik dan video 15 jam serta game 10 jam. Model ini didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa Core, desain modern yang dilapisi 12 lapis corning gorilla glass. Ketiganya akan dipasarkan melalui online pada 16 Oktober (Realme 2), 23 Oktober (Realme 2 Pro) dan 30 Oktober (C1).(rei)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!