Tanam Tabebuya di Noerdin Pandji

Pohon Tabebuya. Foto: net

PALEMBANG – Belakangan viral pohon indah mirip bunga sakura di Instagram (IG). Pohon itu, namanya Tabebuya yang berasal dari Brasil dan rencananya ditanam di Kota Palembang, menyusul kota Surabaya.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kota Palembang, Erwani Matdhi, menerangkan, penanaman pohon ini sesuai permintaan Wali Kota Palembang. Bunga Tabebuya ini untuk memperindah kota menuju Palembang EMAS Darussalam. “Pohon Tabebuya itu bunganya bagus dan warna warni. Pak Wali juga sudah minta supaya bisa ditanam di jalanan kota,” ujarnya, kemarin.
Dikatakan, pohon ini akan ditanam mulai tahun depan di sepanjang Jalan Noerdin Panji mengarah ke Kenten, Jembatan Musi IV, dan kawasan Kebun Bunga. Untuk proses penanaman bukan dari kondisi biji, tapi membeli pohon yang sudah berusia tiga tahun atau setinggi dua meter. Mengingat waktu tumbuh pohon ini yang cukup lama. “Bibit pohon kemungkinan diambil dari daerah Bogor, Surabaya, atau Lampung,” tuturnya. Untuk jumlah pohon yang akan ditanam, pihaknya akan lihat harga dulu.
Tabebuya sendiri tidak seperti pohon taman lainnya yang tumbuh cepat seperti Akasia. “Namun ketika bunganya berwarna pink, hijau, merah sudah keluar, lihatlah sendiri pasti indah tumbuh berjejer di jalan kota,” ungkapnya. Dia pun memastikan pohon ini cocok dengan iklim di Metropolis. Selain memperindah, fungsinya juga sebagai peneduh.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, menambahkan pemkot merencanakan penanaman pohon ini karena secara struktur tanah dan iklim cocok. “Pohon Tabebuya sebelumnya ditanam di Surabaya dan berkembang dengan baik karena kecocokan struktur dan iklim antara Surabaya dan Palembang,” sebutnya. Pohon ini sangat cocok ditanam di perkotaan, karena tahan terhadap stres. ((cj14/cj10/lia/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!