Ujicoba Parkir Online, Minimalisir Kebocoran

Ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah kota Palembang mulai menerapkan parkir berbasis online dikawasan Jl Kol Atmo, Selasa (11/7). Tak hanya diuji coba, upaya ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat untuk meminimalisir penggunaan uang cash dalam pembayaran sehingga diharapkan dapat menekan kebocoran yang terjadi selama ini.

Parkir online ini dikembangkan oleh PT Tekno Optima Perkasa. Pihak ketiga yang digandeng Dishub Kota Palembang untuk menyediakan mesin electronic data capture (EDC0 yang digunakan oleh sekitar 40 petugas parkir yang telah diberi pelatihan sebelumnya. Dengan EDC ini, pengendara yang memarkirkan kendaraan akan diberikan kartu serupa ATM.

“Kartu itu ditempel ke mesin EDC, Saat akan keluar dari kawasan parkir, kartu itu kembali diberikan untuk ditempel kembali.Datanya, terekam dan bisa kita monitor,”ujar Kadishub Kota Palembang, Kurniawan Msi, didampingi jajaran Selasa (11/7).

Dijelaskannya, dari EDC tersebut bisa dimonitor lamanya waktu kendaraan parkir. Sehingga bisa pula diperhitungkan tarif progresif yang dibebankan yakni dengan tambahan untuk sepeda motor Rp1000 dan Rp2000 untuk mobil perjamnya. Upaya inilah yang menurut Kurniawan bisa meminimalisir kebocoran dengan “kecurangan” petugas parkir.(aja)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Rabu (12/7). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!