Wabup Sidak Pasar, PKL Minta Adil

Wabup Empat Lawang Yulius Maulana sedang berbincang dengan PKL di Pasar Pulau Emas. Foto: Sumeks

EMPAT LAWANG – Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang, Yulius Maulana bersama beberapa Kepala OPD melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Musi Jaya II dan Pasar Pulau Emass, Kamis (18/10).

Dalam sidaknya tersebut, Wabub mendengarkan apa saja yang menjadi keluhan para pedagang, baik pedagang kaki lima (PKL), pedagang di los dan di ruko-ruko.

Selain itu Wabup juga mengecek saluran air di sekitaran pasar yang sering menyebabkan banjir di kawasan pasar serta mengecek bangunan Pasar Rakyat di Pulau Emas yang terbengkalai.

Salah satu pedagang, Emi mengatakan, Pemkab Empat Lawang harus adil untuk menata pasar, khususnya lapak para PKL. Jika seluruh PKL dipindahkan ke Pulau Emass, maka semuanya pindah.

“Jangan pilih kasih. Semuanya mau pindah, tapi harus adil. Jangan nanti ada yang masih berjualan di pinggir jalan, ada yang berjualan di lorong-lorong,” keluhnya.

Wabup Empat Lawang, Yulius Maulana, mengatakan dalam waktu dekat ini akan mengundang para pedagang di Pasar Tebing Tinggi maupun di Pasar Pulau Emas untuk mencari solusi terbaik bagi para PKL. “Gambaran di lapangan sudah ada dan nanti akan diatasi oleh OPD masing-masing, seperti siring tadi sudah mulai dibersihkan,” katanya.

Lanjut Yulius, sebenarnya para pedagang itu mau semua pindah ke Pulau Emas. Tapi harus adil dan jangan ada dikemudian hari PKL yang menggelar lapak di tempat yang lama. “Ini kan masalah periuk nasi (kebutuhan ekonomi, red), para pedagang
berjualan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Kita tidak bisa asal suruh pindah, jika tidak ada solusi,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab Empat Lawang akan terus berupaya mencarikan dana untuk pembangunan Pasar Pulau Emas, sehingga layak ditempati pedagang dan nyaman dikunjungi pembeli. (eno)

 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!