Warga Kabupaten ini Demam Ikan Koi

Warga Kota Lahat memilih Ikan Koi. foto: agustriawan sumeks.co.id

LAHAT – Ikan Koi dianggap ikan pembawa Hoki. Selain itu, ikan ini memiliki warna yang beragam dan cantik. Saat ini, Ikan Koi  mulai ramai diminati, termasuk warga Lahat.

Sehingga bisnis budidaya Ikan Koi menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa bikin hoki. Salah satunya, Engkos Kosasih (55), warga Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan.

Ditemui di rumahnya, Ahad (11/11) tampak beberapa pembeli sedang mimilih anakan Ikan Koi. Engkos menyebutkan bahwa Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias yang mulai digemari warga Lahat. Awalnya membudiaya Ikan Koi ini, berawal dari hobi. Selanjutnya, Engkos membeli langsung dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar, SukabumiJawa Barat untuk diternakkan. Usaha ternak Ikan Koi bisa dibilang berhasil, sehingga banyak warga yang datang membeli ikan.

“Banyak yang cari Ikan Koi, baik dari warga dalam maupun luar daerah. Karena kualitas ikan bisa dijamin,” ucap Engkos, yang juga membudidaya ikan lele, gurami dan nila ini.

Untuk harga bervariasi, dari Rp10ribu hingga ratusan ribu tergantung ukuran. Pembeli rata-rata untuk koleksi pribadi menghias kolam di rumah. Sementara Bali, warga Talang Jawa penghobi Ikan Koi mengaku sudah sejak tahun 1990-an. Namun memang baru beberapa tahun terakhir kembali membeli Ikan Koi untuk penghiasan kolam.

Baca Juga :  Mobil Ditimpa Pohon, Bagaimana Nasib Penumpangnya

“Ikannya bagus-bagus dan harganya tak terlalu mahal. Saya suka Ikan Koi, katanya bisa bikin Hoki,” ujar Bali.

Di Lahat sendiri, penghobi Ikan Koi cukup ramai. Sering terlihat di kolam-kolam warga diisi dengan Ikan Koi dengan warna yang cukup menawan.(gti)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!